Aktivitas Gunung Anak Krakatau Meningkat jadi Level Siaga, Pelayaran Mudik Terdampak?

- 26 April 2022, 15:00 WIB
Pengamatan CCTV dari Pulau Sertung pada Minggu (24/4/2022) pukul 20:20:02 WIB menunjukkan aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau yang mengeluarkan abu vulkanik.
Pengamatan CCTV dari Pulau Sertung pada Minggu (24/4/2022) pukul 20:20:02 WIB menunjukkan aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau yang mengeluarkan abu vulkanik. /ANTARA/HO-PVMBG/pri.

PRFMNEWS - Status Gunung Anak Krakatau meningkat dari waspada Level II menjadi siaga Level III terhitung sejak 24 April 2022 pukul 18.00 WIB.

Peningkatan status ini disematkan setelah adanya peningkatan aktivitas gunung api yang berada di selat sunda itu.

Bahkan dari pengamatan PVMBG, Gunung Anak Krakatau saat ini masih dalam periode erupsi menerus.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Kapal Ferry Online saat Mudik Lebaran di 4 Pelabuhan, Lewat Link atau Ferizy

Hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam bersamaan dengan membesarnya amplitudo Tremor menerus dan semakin intensnya kejadian erupsi yang menerus.

Erupsi Gunung Anak Krakatau ini bertepatan dengan masa mudik Lebaran 2022. Lantas apakah aktivitas pelayaran kapal mudik yang menuju Sumatera terdampak karena hal ini?

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, potensi bahaya saat ini adalah lontaran material pijar dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi, sehingga masyarakat yang bermukim atau beraktivitas di luar jarak radius 5 kilometer dari pusat kawah relatif aman.

Baca Juga: Kemenhub Adakan Mudik Gratis dengan Kapal Laut, Simak Rute dan Cara Mendaftarnya

Ia memastikan masyarakat yang mudik menggunakan kapal laut masih aman karena jaraknya puluhan kilometer dari Gunung Anak Krakatau.

"Masyarakat yang ada di luar lima kilometer itu tetap tenang, termasuk masyarakat yang melakukan mudik menggunakan transportasi kapal laut yang jaraknya puluhan kilometer (dari Gunung Anak Krakatau)," ujar Hendra dalam keterangannya, Senin 25 April 2022.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x