Menkes: Pandemi Beri Pelajaran Bahwa Digital Punya Peran Penting

- 25 November 2021, 15:54 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan sambutan sekaligus pembicara kunci di acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 dengan tema 'Percepatan Digitalisasi di Sektor Kesehatan' yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara virtual hari ini Kamis, 25 November 2021.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan sambutan sekaligus pembicara kunci di acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 dengan tema 'Percepatan Digitalisasi di Sektor Kesehatan' yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara virtual hari ini Kamis, 25 November 2021. /

PRFMNEWS - Di masa pandemi ini, segala aktivitas fisik banyak yang dibatasi dalam upaya pencegahan penularan covid-19.

Bahkan di bidang kesehatan, banyak pihak yang menggunakan layanan telemedisin.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan sambutan sekaligus pembicara kunci di acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 dengan tema 'Percepatan Digitalisasi di Sektor Kesehatan' yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara virtual hari ini Kamis, 25 November 2021.

“Pandemi memberi pelajaran bahwa digital punya peran penting. Tren telemedisin atau konsultasi medis secara daring menjadi salah satu wujud perubahan layanan kesehatan di masa pandemi, tanpa harus keluar rumah. Tetap di rumah adalah keharusan," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Mulai Kembali Normal, Jokowi: Kita tetap Optimis dan Harus Berhati-hati

Menurut Bdui, pandemi menyadarkan banyak pihak bahwa kesehatan merupakan prioritas utama. Maka itu, akses kesehatan yang menyesuaikan dengan kondisi pandemi perlu segera dilakukan.

Bahkan menurut Budi, teknologi kesehatan menjadi salah satu pilar dalam transformasi digital yang merujuk pada 5 sasaran Jaminan Kesehatan Nasional.

"Transformasi kesehatan untuk percepat adaptasi digital dan meningkatkan data," ujarnya.

Ia menambahkan terkait teknologi kesehatan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menyusun tiga proyek integrasi yakni: Sistem Data, Aplikasi Pelayanan dan Pengembangan Ekosistem.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x