Masih Ada La Nina, BNPB Minta Daerah Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Banjir dan Longsor

- 9 November 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi hujan deras yang disebabkan La Nina
Ilustrasi hujan deras yang disebabkan La Nina /Twitter/@ajisetiajie

PRFMNEWS - Di awal pekan pertama November ini bencana banjir dan longsor cukup banyak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dampak dari Fenomena La Nina yang menyebabkan curah hujan menjadi lebih tinggi.

Dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana hidrometeorologi basah terjadi di banyak lokasi yang dipengaruhi fenomena La Nina.

Untuk itu, karena masih adanya potensi banjir dan longsor akibat La Nina di November ini, BNPB mengimbau BPBD untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan.

Baca Juga: Angela Tanoesoedibjo Pingsan di Keraton Solo

Dalam catatan BNPB, hingga 7 November 2021 kemarin, tercatat 32 kejadian banjir dengan total jumlah korban meninggal 9 jiwa dan hilang 2 jiwa, sedangkan rumah warga rusak dengan kategori sedang hingga berat mencapai 295 unit.

Memasuki pekan kedua November 2021, BNPB berharap BPBD lebih meningkatkan upaya-upaya kesiapsiagaan. Hal tersebut tidak terlepas dari hasil analisis dari kementerian dan lembaga terkait, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Informasi Geospasial dan Badan Geologi.

BNPB meminta BPBD provinsi untuk meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait dan aparatur kabupaten dan kota setempat. Upaya ini tentu dibarengi dengan monitoring secara berkala untuk mendapatkan informasi peringatan dini cuaca dan potensi ancaman bencana melalui beberapa laman yang dikelola oleh BMKG, Lapan, BNPB atau pun Badan Geologi.

Baca Juga: Pemeriksaan Kecelakaan Vanessa Angel Naik ke Penyidikan, Polisi: Info dari Medsos jadi Acuan

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi meminta BPBD untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi, edukasi dan mitigasi terkait upaya pencegahan dengan menggunakan media elektronik atau media sosial.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x