Varian Baru Virus Covid-19 Muncul di Inggris, Pemerintah Terus Pantau Perkembangannya

- 23 Desember 2020, 15:26 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Pemerintah Indonesia sempurnakan regulasi tentant pelaku perjalanan serta memperketat pengawasan terhadap WNA
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Pemerintah Indonesia sempurnakan regulasi tentant pelaku perjalanan serta memperketat pengawasan terhadap WNA /Dok Satgas Covid-19.

PRFMNEWS – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan pemerintah masih terus memantau perkembangan varian baru virus corona (Covid-19) yang dikabarkan muncul di Inggris.

Urutan genetika dari varian baru Covid-19 ini diakui Wiku akan dikaji dan dianalisis guna menentukan langkah yang bakal diputuskan pemerintah.

"Langkah surveilans akan terus diperkuat oleh pemerintah dengan terus memonitor perkembangan virus yang sangat dinamis ini," kata dia Selasa, 22 Desember 2020.

Baca Juga: Perketat Pengawasan WNA, Satgas Covid-19 Sempurnakan Regulasi Pelaku Perjalanan

Seperti diberitakan sebelumnya, Varian baru Covid-19 di Inggris dilaporkan menyebar lebih cepat, dan membawa mutasi yang membuat anak-anak lebih rentan tertular dibandingkan orang dewasa.

Dilansir Reuters, dari penemuan New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group (NERVTAG) Inggris, menyebutkan bahwa varian baru virus ini dengan cepat mendominasi penyebaran di selatan Inggris dan kemungkinan meluas ke bagian Inggris lainnya.

Meski demikian, Wiku menegaskan masyarakat wajib terus menerapkan protocol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Protokol kesehatan harus diterapkan dalam setiap aktivitas dan penting dalam mencegah penularan.

Baca Juga: Janji Mendag Lutfi Saat Dilantik: Produk Indonesia Mampu Bersaing di Tengah Pandemi

Diharapkan, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, maka diri sendiri dan terdekat dapat terlindungi.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x