Less Waste Shift, Program Dakwah Sosial Pemuda Hijrah Untuk Lingkungan

- 2 Maret 2020, 16:49 WIB
/Instagram: lesswasteshift

BANDUNG, (PRFM) - Gerakan Pemuda Hijrah Shift Media selama enam bulan terakhir ini telah mengadakan program Less Waste. Program ini diadakan di Masjid Al Lathiif, Jl. Saninten No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Penanggung Jawab Program Less Waste Shift Ajie M Noor mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk dakwah sosial yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Hijrah. Melalui program ini diharapkan masyarakat sekitar masjid bisa memulai budaya peduli sampah.

"Kami bergerak di bidang dakwah sosial. Artinya bahwa sampah itu adalah salah satu masalah bersama. Salah satu amanat dari para ustadz, kami harus melaksanakan dakwah sosial yang memang ini bukan dakwah di mimbar tapi dakwah yang langsung action," ujar Ajie saat on air di Radio PRFM, Senin (2/3/2020).

Selama enam bulan bergulir, diakui Ajie program ini memiliki dampak yang cukup signifikan. Perilaku membuang dan mengolah sampah para pengujung dan masyarakat di sekitar Masjid Al Lathiif dinilai mengalami peningkatan ke arah yang positif.

"Alhamdulillah di setiap kajian kami sudah minim yang membuang sampah. Soalnya ironis sekali ya bahwa pengajian itu kan salah satu hal kebaikan, tetapi setelah mendapat ilmu ada beberapa yang kasusnya setelah pengajian tapi pulangnya ada tumpukan sampah," jelasnya.

Program Less Waste Shift ini, lanjut Ajie, juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan) milik Pemerintah Kota Bandung.

"Jadi ada kerja samanya, kita saling support. Dari pemerintah ada Kang Pisman yang beberapa kali mengampanyekan, nah kami men-support program ini dari sisi masjidnya, dari pengajian ke pengajian," pungkasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah