Disdukcapil Akui 70 Ribu KTP-el di Kota Bandung Telah Dicetak

- 12 Februari 2020, 11:32 WIB
Ilustrasi E-KTP
Ilustrasi E-KTP /PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung sejak tanggal 1 Februari 2020 telah memulai kegiatan percepatan pencetakan KTP-el bagi masyarakat Kota Bandung. Kegiatan percepatan ini akan dilaksanakan hingga tanggal 20 Februari 2020 ke depan atau kurang lebih selama 20 hari.

Dengan adanya kegiatan percepatan ini, diharapkan masyarakat pemohon KTP-el yang sudah menanti selama berbulan-bulan dikarenakan blanko KTP-el yang terbatas segera mendapatkan hak akan dokumen identitasnya.

Melalui siaran pers yang diterima PRFM, sesuai dengan data permohonan pengajuan pencetakan KTP-el hingga tanggal 31 Januari 2020, tercatat sebanyak 104.080 permohonan. Adapun permohonan tersebut terdiri dari SUKET sebanyak 77.426 dan permohonan KTP-el baru yang telah berstatus PRR (print ready record) sebanyak 26.654.

Hingga tanggal 11 Februari 2020, jumlah KTP-el yang telah dicetak sejumlah 70.413. Sisa permohonan KTP-el tersebut akan dicetak secara bertahap maksimal hingga tanggal 20 Februari 2020. Setelah tanggal 20 Februari 2020, pengajuan KTP-el dan pencetakannya akan dilakukan secara reguler kembali.

Saat ini, masyarakat Kota Bandung dapat mengecek status pencetakan KTP-el dengan membuka menu ‘pencetakan KTP-el’ pada website Disdukcapil Kota Bandung (https://disdukcapil.bandung.go.id). Pada menu tersebut dapat dilihat daftar KTP-el yang telah dicetak dari tanggal 1 Mei 2018 hingga saat ini sesuai dengan domisili Kecamatan dan Kelurahan masing-masing.

Jika sudah mengetahui status pencetakan KTP-el, pemohon dapat mendatangi Kecamatan domisili masing-masing untuk mengambil KTP-elnya. Khusus untuk masyarakat pemohon yang melakukan perekaman di GEULIS Festival Citylink maupun BTC Fashion Mall, KTP-el dapat langsung diambil di lokasi GEULIS sesuai tempat perekaman.

Bagi masyarakat pemula yang belum melakukan perekaman, dihimbau untuk melakukan perekaman di Kecamatan sesuai domisili masing-masing, ataupun di GEULIS (gerai untuk pelayanan istimewa) yang berada di Festival Citylink atau BTC Fashion Mall, maupun melalui program MEPELING yang sudah terjadwal. Jadwal MEPELING tersebut dapat pula dicek melalui media sosial disdukcapil (@disdukcapilbdg).

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x