Manjur! 5 Bahan Alami Ini Bisa Angkat Komedo Membandel Tanpa Biaya Mahal

Tayang: 28 September 2024, 10:00 WIB
Penulis: TIM PRFM
Editor: Rian Firmansyah
Ilustrasi Cara Mengatasi Komedo Membandel
Ilustrasi Cara Mengatasi Komedo Membandel /freepik.com

BANDUNG, PRFMNEWS - Komedo terbentuk dari sel kulit mati dan minyak yang menempel di permukaan kulit. Ketika partikel tersebut teroksidasi karena terkena udara, warnanya menjadi kehitaman.

Komedo biasanya tampak sebagai benjolan kecil di pori-pori kulit, dengan warna hitam atau putih, dan sering kali menjadi cikal bakal munculnya jerawat. Masalah kulit ini umumnya muncul di area wajah.

Salah satu metode untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara cepat menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan menggunakan scrub atau masker dari bahan-bahan alami. Metode ini efektif untuk membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan antara lain:

1. Oatmeal

Menurut Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

Oatmeal juga efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Caranya, campurkan 2 sendok makan oatmeal, 3 sendok makan yoghurt, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah, biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Putih Telur dan Lemon

Menggunakan masker dari campuran putih telur dan 2 sendok makan perasan lemon dapat membantu mengatasi komedo. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Gula dan Minyak Zaitun

Scrub alami dari campuran 1 cangkir gula putih dan 3 sendok makan minyak zaitun, almond, atau jojoba dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Gunakan scrub ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

4. Baking Soda

Baking soda sering digunakan sebagai masker wajah untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengelupas sel kulit mati. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit tidak sensitif terhadap baking soda untuk menghindari efek samping.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub