Bahaya! Jangan Pernah Isi Ulang Botol Plastik Air Minum Kemasan, ini Penjelasannya

- 21 Juni 2024, 14:20 WIB
Ilustrasi botol air mineral kemasan.
Ilustrasi botol air mineral kemasan. /PIXABAY/

PRFMNEWS - Banyak orang pasti pernah membeli air mineral kemasan botol, apalagi ketika kamu merasa haus dan tak sedang membawa air minum sendiri dari rumah. Beberapa orang bahkan akan menggunakan lagi botol plastik kemasan air tersebut setelah airnya habis.

Tak sedikit juga kita jumpai banyak pedagang menggunakan botol kemasan plastik untuk menjual produk mereka, seperti kemasan jamu tradisional, atau beragam produk minuman lain dan hanya diganti labelnya saja.

Tapi amankah menggunakan ulang botol air minum kemasan? Jika memang aman, seberapa sering penggunaan berulang yang dianggap aman?

Ada banyak orang menganggapnya aman, dan ada juga yang tidak. Beberapa orang menganggap bahwa botol air kemasan hanya untuk sekali pakai.

Ini penjelasan mengapa tidak aman atau tidak baik menggunakan botol kemasan untuk isi ulang.

Baca Juga: Jangan Isi Ulang! Ada 6 Efek Samping Jika Menggunakan Botol Plastik Bekas Air Minum Kemasan

Apakah kamu pernah mengisi ulang botol air minum kemasan sendiri? Jika iya, sebaiknya lebih teliti lagi sebelum melakukannya. Perhatikan lebih dulu kode yang ada di botol kemasan tersebut.

Botol air minum dalam kemasan yang diperuntukkan untuk sekali pakai memiliki kode jenis plastik yaitu angka 1 dalam segitiga.

Kadang ada tulisan PET dan PETE juga. Jika menemukan kode ini, sebaiknya tidak melakukan pengisian ulang lagi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah