Apakah Pria Pengidap Varikokel Bisa Punya Keturunan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

- 12 November 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa gejala dan bahaya dari varikokel yang berdampak pada kelangsungan hidup manusia, salah satunya benjolan.
Ilustrasi. Ada beberapa gejala dan bahaya dari varikokel yang berdampak pada kelangsungan hidup manusia, salah satunya benjolan. /Pixabay/RazorMax

PRFMNEWS - Penyakit reproduksi pria merupakan tipe penyakit yang menyerang dan mempengaruhi kesehatan alat reproduksi pria sehingga membuatnya tidak berfungsi normal. Varikokel adalah satu jenis penyakit yang berisiko terjadi pada alat reproduksi pria.

Varikokel merupakan sebuah kondisi yang mungkin asing terdengar. Namun, kondisi ini merupakan sebuah kondisi di mana terjadi pelebaran pembuluh darah vena di area kantung testis atau skrotum.

Pembesaran pada jalur pembuluh vena ini mirip dengan yang biasa terjadi pada kaki atau disebut varises. Walaupun tidak selalu menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan, namun varikokel yang tidak ditangani dapat memengaruhi kualitas dan produksi sperma.

Baca Juga: BMKG: Gempa Bumi di Tonga Tidak Sampai Menyebabkan Tsunami di Indonesia

Lalu, apakah pria dengan penyakit varikokel bisa mempunyai keturunan? Berikut PRFMNEWS sudah merangkum jawabannya untuk kamu dari berbagai sumber. Keep scrolling sampai selesai ya guys.

Apa itu varikokel?

Seperti disebutkan diatas, varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum).

Varikokel terjadi di skrotum yang berfungsi menahan testis serta mengandung arteri dan vena di saluran sperma (spermatic cord) pada setiap testis di atas skrotum.

Pembengkakan ini akan berkembang secara bertahap menjadi sebuah benjolan lunak. Ukuran benjolan varikokel bisa bermacam-macam, ada yang dapat dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru diketahui setelah diraba.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah