Dokter Cahyo Purnomo Menjawab, Makanan Bersantan Aman untuk Penderita Diabetes?

- 4 Agustus 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi santan.
Ilustrasi santan. /LisaRedfern/Pixabay

PRFMNEWS - Santan merupakan salah satu bumbu yang sering dipakai untuk memasak. Seperti soto betawi, rendang dan lainnya. Makanan dengan santan memang sangatlah lezat, tak sedikit orang yang menyukainya.

Namun santan juga harus dihindari bagi seseorang yang sedang sakit karena alasan tertentu. Kususnya bagi penderita diabetes. Pertanyaannya boleh tidak penderita dibetes memakan makanan yang mengandung santan? Mari kita simak jawban Dokter Cahyo Purnomo.

Harus anda ketahui bahwasanya makanan bersantan ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol, menyebabkan adanya peningkatkan kadar trigliserida, menyebabkan peningkatan berat badan.

Baca Juga: Cegah Hoax, Atalia Praratya Minta Kader PKK ‘Jemput Bola’ Dukung Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 di Jabar

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada gula darah dari penderita diabetes, mengapa? Karena apabila kadar kolesterol anda tinggi, kadar trigliserida tinggi, terjadi peningkatan berat badan, penumpukan lemak berlebih pada tubuh akan mengakibatkan penurunan sensitifitas reseptor insulin.

Jadi jika reseptor insulin ini sensetifitasnya menurun, tentunya kerja dari hormon insulin akan semakin menurun juga efeknya.

Apa efeknya? Yaitu akan mengakibatkan kadar gula darah dari penderita diabetes akan menjadi meningkat.

Baca Juga: Belum Menang di Dua Laga Awal Liga 1, Robert Alberts Yakinkan Performa Persib Bandung Membaik

Selain itu, peningkatan kadar kolesterol, peningkatan kadar trigliserida, peningkatan berat badan, peningkatan tumpukan lemak, ini juga akan diikuti oleh peningkatan tekanan darah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah