Ketahui 10 Penyebab Kecelakaan saat Berkendara di Jalan Tol dan Cara Mencegahnya Menurut Fitra Eri

- 4 November 2021, 23:05 WIB
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya.
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya. /Antara/Syaiful Arif/zk

PRFMNEWS - Kecelakaan di jalan tol bisa saja terjadi kapan dan menimpa siapa saja jika Anda tidak berhati-hati saat mengemudikan mobil di jalan bebas hambatan tersebut. Seperti kecelakaan tunggal yang baru-baru ini menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya hingga tewas di Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur pada 4 November 2021, diduga karena sopir mengantuk dan hilang kendali.

Mendengar kabar duka ini, pembalap mobil sekaligus instruktur keselamatan berkendara, Fitra Eri, turut berbela sungkawa. Tak hanya itu, pria 47 tahun itupun langsung membuat video di akun Youtubenya yang membahas penyebab kecelakaan mobil di jalan tol dan cara mencegahnya.

Berikut 10 penyebab kecelakaan saat berkendara di jalan tol dan cara mencegahnya menurut Fitra Eri.

1. Cuaca buruk

Cuaca buruk yang bisa saja terjadi di sepanjang jalan tol berdampak pada penurunan jarak pandang pengemudi.

Baca Juga: Setelah Kalahkan Persela, Persib Pastikan Sapu Bersih Seria Kedua Liga 1

Cuaca buruk itu seperti hujan sangat deras atau kabut tebal. Jika menemui kondisi ini, pastikan Anda menurunkan kecepatan laju mobil secara perlahan. Hal ini untuk tetap menjaga jarak aman mobil Anda dengan mobil di depan.


2. Kondisi jalan

Menurut Fitra, kondisi jalan tol di beberapa daerah Indonesia tidak mulus seperti adanya lubang, tambalan aspal dan jembatan yang bisa membuat mobil melompat. Kondisi jalan tersebut dapat memicu kecelakaan ketika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi. Diketahui batas kecepatan yang diperbolehkan saat melaju di jalan tol sekira 60 – 100 km/jam.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Fitra Eri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x