Dibangun 12 Tahun, Jalan Tol Senilai Rp18,3 Triliun ini Pangkas Waktu Tempuh Bandung-Cirebon Jadi 75 Menit

- 11 Juni 2024, 16:00 WIB
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu. Menurut Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, kini pembangunan Tol Cisumdawu telah tunjukan progres positif
Proyek pembangunan Tol Cisumdawu. Menurut Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, kini pembangunan Tol Cisumdawu telah tunjukan progres positif /prfmnews.id

PRFMNEWS – Jawa Barat (Jabar) punya ruas jalan tol yang baru berusia sekira 1 tahun. Jalan tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar Periode 2018-2023.

Ridwan Kamil saat peresmian mengklaim berkendara dari Bandung ke Cirebon melintasi jalan tol ini hanya butuh waktu tempuh sekira 75 menit. Padahal menurut dia, sebelumnya lama perjalanan rute tersebut menggunakan jalur arteri bisa mencapai kurang lebih 6 jam.

“Tol ini membuat waktu tempuh Bandung-Cirebon 75 menit, zaman dulu bisa 6 jam,” ujar Ridwan Kamil, Selasa 11 Juli 2023.

Jalan tol ini menghubungkan Bandung, Sumedang, Cirebon, hingga Majalengka yang juga sebagai akses tercepat ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Ridwan Kamil menyebut waktu tempuh Bandung-Sumedang lewat tol ini hanya sekira 30 menit, sedangkan Bandung-Bandara Kertajati 40-60 menit.

Baca Juga: Miliki Panjang 206,65 Kilometer, Jalan Tol Baru Senilai Rp56 triliun Hubungkan Dua Provinsi Sekaligus

Ya, inilah Tol Cisumdawu singkatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Panjang total jalan tol ini yakni 61,6 kilometer (km) yang juga terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta- Padalarang) dan Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

Pembangunan Tol Cisumdawu menelan anggaran Rp18,3 triliun. Setengah dari total biaya tersebut, sekira Rp9,08 triliun berasal dari APBN. Sisanya, bersumber dari skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu pada Selasa, 11 Juli 2023. Peresmian dilakukan tepatnya di KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, dekat twin tunnel atau terowongan kembar sepanjang 472 meter yang menjadi ikon jalan tol ini.

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu, jalan tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali,” ucap Presiden saat pidato peresmian Tol Cisumdawu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah