Jawa Barat, Provinsi dengan Belanja Produk Dalam Negeri Tertinggi di Indonesia Menurut Data Kemenperin

- 23 Mei 2024, 06:00 WIB
Gedung Sate ikon Provinsi Jawa Barat
Gedung Sate ikon Provinsi Jawa Barat /

PRFMNEWS - Jawa Barat menjadi provinsi dengan belanja produk dalam negeri tertinggi di Indonesia.

Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Heru Kustanto menyebut hal ini sebagai prestasi.

"Jabar punya beberapa prestasi, salah satunya provinsi dengan belanja P3DN yang cukup besar, " ujarnya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Kamis 23 Mei 2024.

Diungkap Heru, pada tahun 2023 lalu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi daerah paling besar yang melakukan belanja produk dalam negeri, bahkan juga telah mengakselerasi kewajiban yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo.

Pada 2024 penggunaan produksi dalam negeri dari belanja barang dan modal ditargetkan sekitar 95 persen dari anggaran yang ada di setiap kementerian lembaga, BUMN, dan BUMD.

"Tahun lalu sudah 90 persen lebih dan kini sudah dinaikan targetnya, pada tahun lalu kan 90 persenan, tahun ini meningkat 95 persen. Tentu ini harus diimbangi kemampuan dalam negeri kita karena itu dalam kesempatan ini menampilkan perusahaan yang sudah memiliki sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Produk mereka bisa dibeli atau wajib dibeli kalau ada TKDN," ucapnya.

Sementara itu, Jawa Barat menggelar Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), dan Konsumen Cerdas Tahun 2024 pada Selasa 21 Mei 2024.

Kegiatan diharapkan oleh Kadisperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih bisa mendorong masyarakat Jabar cerdas untuk membeli produk lokal berkualitas, serta mengenalkan produk Jabar sebagai produk unggulan Indonesia.

"Pada akhirnya terjadi peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta bangga dengan produk-produk buatan Indonesia. Media sendiri berperan untuk turut serta mempromosikan kegiatan konsumen cerdas, produk lokal berkualitas, penggunaan produk dalam negeri dan Bangga Buatan Indonesia," paparnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah