Terungkap Alasan Pengumuman Hasil PPDB Jabar 2024 Tahap 1 Dilakukan Malam Hari

- 23 Juni 2024, 10:00 WIB
Pengumuman PPDB Jabar tahap 1
Pengumuman PPDB Jabar tahap 1 /

PRFMNEWS – Pengumuman hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 1 Jenjang SMA, SMK, SLB di Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 sudah dibuka sejak Rabu, 19 Juni 2024. Jadwal pengumuman dimulai pada Rabu malam pukul 19.30 WIB.

Kenapa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengumumkan hasil PPDB Tahap 1 tahun 2024 pada malam hari? Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin memberikan penjelasan.

Bey Machmudin menjelaskan pengumuman hasil PPDB Jabar 2024 Tahap 1 baru dibuka pada malam hari dikarenakan panitia PPDB terus melakukan verifikasi di lapangan untuk memastikan calon peserta jujur dalam memberikan data.

Proses verifikasi data secara maksimal yang diwarnai dinamika di lapangan itulah yang membuat petugas PPDB Jabar 2024 Tahap 1 butuh waktu lebih panjang, agar hasil yang diumumkan benar-benar akurat dan bebas kecurangan.

"Karena itu semua dicek, kenapa pengumuman sampai malam? Karena terus verifikasi dilakukan. Itu karena dinamika di lapangan dari pada kita umumkan cepat, karena masih ada proses verifikasi," kata Bey, Jumat 21 Juni 2024.

Lebih lanjut Bey menyampaikan bahwa Pemprov Jabar berkomitmen mewujudkan PPDB yang transparan dan bebas kecurangan. Ia menegaskan pula siap membatalkan kelulusan bila memang ada calon peserta didik yang melakukan kecurangan atau data yang tidak wajar.

"Walau sudah diumumkan (PPDB) saya minta jika ada yang melanggar aturan maka kelulusannya di anulir (tidak sah)," ujarnya.

Bey juga telah memerintahkan Disdik agar segera menindaklanjuti bila ditemukan kecurangan atau data tidak wajar. Hal itu buntut dari kekhawatiran masyarakat terkait manipulasi data dalam proses seleksi PPDB.

"Ada salah satu sekolah di suatu tempat yang diulang sidang plenonya, akan diteliti ulang memastikan data domisili tepat," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah