Aplikasi Sapawarga di PPDB Jabar 2024 Hadirkan Fitur Info Jarak Sekolah dari Domisili hingga Hasil Seleksi

- 11 Mei 2024, 14:00 WIB
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah /Humas Jabar

PRFMNEWS - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat (Jabar) tahun ajaran 2024/2025 untuk tingkat SMA, SMA, dan SLB akan menggunakan aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps sebagai salah satu platform yang bisa digunakan oleh para calon siswa. Tujuannya guna meningkatkan kemudahan, keterbukaan, akuntabilitas, simplifikasi, akurasi, dan akses layanan aduan pada PPDB Jabar 2024.

Penggunaan aplikasi Sapawarga pada PPDB Jabar 2024, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah, sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mengedepankan inovasi pelayanan publik melalui pengembangan teknologi informasi.

"Tahun ini, setelah melakukan evaluasi bersama PPDB 2023 secara komprehensif, kami berupaya meningkatkan sistem terintegrasi melalui pengembangan-pengembangan yang diperlukan, khususnya untuk aplikasi Sapawarga yang terintegrasi dengan website PPDB," ucap Ika.

Baca Juga: Kuota dan Aturan Khusus PPDB SMA/SMK Jabar 2024 Bagi Ratusan Kecamatan Belum Punya Sekolah Negeri

Banyak keunggulan fitur dan teknologi pada aplikasi Sapawarga, ujar Ika, yang dapat memberikan kemudahan, keterbukaan, dan layanan aduan kepada masyarakat terkait PPDB Jabar 2024 untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB.

Sapawarga, terangnya, memiliki fitur Informasi Sekolah (Kuota dan Jarak dari Domisili), Tracking Status Pendaftaran, Perhitungan Skor dan Ranking, dan pengumuman peringkat hasil seleksi secara realtime. Ika juga mengatakan, aplikasi Sapawarga menggunakan teknologi Geocoding untuk mendeteksi domisili secara otomatis.

Kemudian, Sapawarga memiliki fitur Pengingat Otomatis dengan push notification realtime pada perangkat mobile yang dapat support di iOS dan Android.

Baca Juga: Cegah Kecurangan, Bey Pastikan Penegakkan Aturan PPDB Jabar 2024 Akan Lebih Tegas

"Fitur ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan, perbaikan berkas pendaftaran dan pengumuman hasil PPDB 2024," jelasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah