Mudik Lebaran 2024, Ini Rute Pengalihan Arus Lalin Jakarta-Sukabumi Dampak Tol Bocimi Longsor

- 5 April 2024, 17:15 WIB
Jalan tol Bocimi KM 64 yang amblas pada Rabu (3/4) malam tersebut mengakibatkan satu mobil dan dua orang terperosok dan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Sukabumi dialihkan ke pintu keluar tol Cigombong.
Jalan tol Bocimi KM 64 yang amblas pada Rabu (3/4) malam tersebut mengakibatkan satu mobil dan dua orang terperosok dan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Sukabumi dialihkan ke pintu keluar tol Cigombong. / ANTARA FOTO/Henry Purba

PRFMNEWS – Polisi melakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan yang melintasi Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), Jawa Barat (Jabar). Semula Tol Bocimi akan dibuka untuk mengurai kemacetan rute Jakarta-Bogor-Sukabumi pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Pengalihan arus lalu lintas rute Jakarta-Bogor-Sukabumi pada masa arus mudik-balik Lebaran 2024 ini dilakukan akibat dampak longsor di ruas Tol Bocimi tepatnya seksi 2 pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu, 3 April 2024 malam yang membuat titik jalan tersebut rusak dan harus dilakukan perbaikan.

Korlantas Polri akan mengalihkan arus kendaraan dari/menuju Jakarta yang melintasi ruas Tol Bocimi ke jalan arteri. Rekayasa lalu lintas tersebut guna menghindari pengendara melintasi titik jalur ruas Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong (Bogor)-Cibadak (Sukabumi) yang amblas akibat longsor.

Baca Juga: Destinasi Wisata Keluarga Ada Juga di Bandung Timur, Bisa Jadi Pilihan untuk Isi Libur Lebaran, Ini Lokasinya

Terkait rute pengalihan arus lalu lintas di Tol Bocimi yang longsor, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso mengatakan, untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi akan dikeluarkan di Gerbang Tol (GT) Cigombong, kemudian intran di Parungkuda lanjut menuju arah Sukabumi.

Begitu pula untuk kendaraan dari arah sebaliknya yakni Sukabumi menuju Jakarta, selama perbaikan jalur di seksi 2 ruas Tol Bocimi yang longsor masih belum selesai, maka akan dikeluarkan dari GT Parungkuda dan kemudian masuk lagi lewat GT Cigombong.

"Demikian seterusnya ini untuk pengamanan jalur di titik longsor dan untuk rehabilitasi dari BUJT yang ada," ujar Slamet, Kamis 4 April 2024.

Baca Juga: Terjadi Dua Peristiwa Kebakaran di Bandung Malam Ini

Pemangku Kebijakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian PUPR Sonny S Wibowo mengungkapkan perbaikan ruas Tol Bocimi yang terkena longsor membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan, dikarenakan kerusakan yang cukup berat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x