Resmi dari BAZNAS, Segini Besaran Zakat Fitrah Beras atau Uang di 27 Kota/Kabupaten di Jabar 2024

- 19 Maret 2024, 02:30 WIB
Ilustrasi besaran zakat fitrah.
Ilustrasi besaran zakat fitrah. /Pexels.com/Suki Lee

PRFMNEWS - Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat (BAZNAS Jabar) resmi menetapkan besaran zakat fitrah tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat baik dalam bentuk makanan pokok (beras) maupun uang.

Besaran zakat fitrah tahun 2024 di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat dalam bentuk beras maupun uang ini tercantum dalam surat edaran (SE) BAZNAS Provinsi Jawa Barat Nomor: 117/BAZNAS-JABAR/III/2024.

Daftar 27 kota/kabupaten di Jawa Barat ini antara lain Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, dan Depok.

Baca Juga: Ini Besaran Zakat Fitrah di Kota dan Kabupaten Se-Jawa Barat 1445 Hijriah

Ketentuan besaran zakat fitrah berupa beras maupun dikonversi ke bentuk uang sesuai SE BAZNAS Jabar tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Syarat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Untuk Usaha Produktif.

Sesuai surat edaran BAZNAS Jabar itu, besaran zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok (beras) adalah dengan berat 2,5 kilogram (kg) beras (yang dimakan setiap hari) atau 3,5 liter per jiwa.

Sedangkan dalam bentuk uang, nominal zakat fitrah disesuaikan dengan harga pasaran beras di kota/kabupaten setempat.

Berikut adalah daftar besaran zakat fitrah 1445 Hijriah dalam bentuk uang di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat sesuai SE BAZNAS Jabar:

Baca Juga: Besaran Zakat Fitrah Kota Bandung Tahun 2024, Lengkap dengan Besaran Fidyah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x