TPA Sarimukti Kini Berada di Kondisi New Normal Setelah Kebakaran

- 9 Februari 2024, 14:00 WIB
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023.
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023. /Damkar Kabupaten Bandung/

BRAGA, PRFMNEWS - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat (Jabar) Prima Mayaningtyas menyampaikan, bahwa kondisi TPA Sarimukti yang sekarang sudah berbeda dengan kondisi sebelum kebakaran hebat beberapa waktu lalu.

Kata Prima, saat ini TPA Sarimukti ada dalam posisi new normal setelah kebakaran dan juga ditambah sempat overload.

"Sarimukti itu sekarang gak normal seperti dulu karena setelah kebakaran dan overload 800 persen jadi new normal," ucapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini Jumat, 9 Februari 2024.

Baca Juga: Solusi Macet di Bandung, Kemenhub Bakal Revitalisasi Terminal Cicaheum Bandung

Salah satu pembeda TPA Sarimukti sekarang dan dulu adalah dari jumlah sampah dan jenis sampah yang bisa dibuang ke sana.

Disebutkannya, bahwa sesuai peraturan gubernur terbaru bahwa kini TPA Sarimukti hanya menerima 50 persen sampah dari daerah dan tidak lagi menerima sampah organik.

"Kita masih ingat kemarin peraturan gubernur sudah memberikan arahan bahwa kita hanya bisa menerima 50 persen dan juga organik tidak boleh masuk ke Sarimukti karena kapasitasnya sudah tidak memungkinkan," sebutnya.

Baca Juga: Gedebage Bakal Jadi Titik Awal dari Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Karena itu sambil menunggu operasional TPA Legoknangka dan hanya mengandalkan TPA Sarimukti, semua Kabupaten/Kota di Bandung Raya diharapkan bisa sangat optimal dalam mengelola sampah terutama di bagian hulu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x