Pemprov Jabar Siapkan Lahan Pengungsian dan Dapur Umum Bagi Warga Terdampak Banjir Dayeuhkolot

- 12 Januari 2024, 19:00 WIB
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir di Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir di Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. /Dok. Basarnas Bandung

DAYEUHKOLOT, PRMFNEWS - Kampung Lamajang Peuntas, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung dilanda banjir, Kamis 11 Januari 2024.

Banjir di Dayeuhkolot disebabkan oleh curah hujan ekstrem yang mengguyur kawasan Bandung Raya.

Curah hujan ekstrem tersebut mengakibatkan bibir tanggul Sungai Cigede jebol hingga menimbulkan banjir hebat yang menerjang Kampung Lamajang Peuntas dan sekitarnya.

Baca Juga: 2.334 Rumah di Kabupaten Bandung Terdampak Banjir

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin menyebut sekitar 2 ribu rumah warga terdampak banjir di Dayeuhkolot.

"Ini kami lengkap, ada Kepala BBWS Citarum, Kepala BMKG, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar, BPBD Kabupaten Bandung, juga dari dinas sosial, dan TNI/Polri," ujarnya.

Bey mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan lahan pengungsian bagi warga terdampak banjir di Dayeuhkolot.

Baca Juga: Tagana Dirikan Dapur Umum di Braga, Tiap Hari Bikin 900 Porsi Makanan untuk Warga Terdampak Banjir

Area pengungsian tersebut kini sudah dihuni sekitar 200 jiwa. Sementara warga lainnya memilih bertahan di lantai dua bagi mereka yang rumahnya bertingkat.

Tapi, Bey Machmudin mengimbau bagi warga yang ingin dievakuasi ke pengungsian dapat segera menghubungi kepolisian di nomor 110. Di pengungsian tersedia air bersih dan dapur umum.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x