Gandeng Polisi, IPB Bentuk Tim Investigasi Ungkap Penyebab Ledakan di Laboratorium Tewaskan Mahasiswa

- 23 Agustus 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi laboratorium. IPB pastikan akan evaluasi 300 laboratorium di kampusnya buntut kebakaran yang menewaskan mahasiswi S2.
Ilustrasi laboratorium. IPB pastikan akan evaluasi 300 laboratorium di kampusnya buntut kebakaran yang menewaskan mahasiswi S2. /Pixabay/Michal Jarmoluk

PRFMNEWS – Institut Pertanian Bogor (IPB) University membentuk tim investigasi untuk mencari tahu penyebab ledakan yang memicu kebakaran laboratorium pada Jumat 18 Agustus 2023 hingga menyebabkan satu korban mahasiswa, Laila Atika Sari, meninggal dunia.

Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengatakan, tim investigasi ini juga melakukan koordinasi untuk menetapkan langkah-langkah penanganan dari kebakaran di laboratorium kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Rektor IPB University menjelaskan, tiga tim tersebut memiliki fungsi berbeda, pertama tim investigasi yang akan bekerja sama dengan kepolisian. Tim ini akan menggali kronologi detail kejadian, termasuk memeriksa prosedur baku (SOP) dan hal-hal lain yang perlu diketahui.

Baca Juga: Selebgram Cantik di Kota Bandung Ditangkap Polisi Lantaran Promosikan Situs Judi Online

Kedua, tim evaluasi laboratorium yang melakukan pemeriksaan alat-alat dan fasilitas di seluruh laboratorium di IPB University. Khususnya alat-alat laboratorium yang berisiko tinggi saat digunakan.

Ketiga, tim keselamatan kerja di kampus untuk memastikan keselamatan kerja, baik dalam kegiatan akademik, pengabdian pada masyarakat, maupun dalam hal kehidupan kampus pada umumnya termasuk ketertiban dan keselamatan lalu lintas.

"Sebagian besar tim ini berasal dari Kantor Manajemen Risiko yang akan mengevaluasi berdasarkan pedoman dan petunjuk pelaksanaan sistem manajemen laboratorium yang telah dimiliki," kata Arif, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 23 Agustus 2023.

Baca Juga: TPA Sarimukti Kebakaran, Hengky Kurniawan Minta Bantuan Bom Air ke Pemerintah Pusat

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohanes Redhoi Sigiro menyatakan, pihaknya kini masih mencari penyebab ledakan di laboratorium IPB University tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x