Tiga Nama Calon Pj Gubernur Jawa Barat Masih Dirahasiakan DPRD

- 2 Agustus 2023, 19:20 WIB
Jabatan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Berakhir 5 September 2023
Jabatan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Berakhir 5 September 2023 /Pemprov Jabar

PRFMNEWS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) telah mengantongi tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, salah satu dari tiga orang tersebut nantinya akan menggantikan posisi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, masa tugas Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat akan selesai pada 5 September 2023.

Baca Juga: Kronologi Tabrakan Beruntun di Cianjur, Truk Tronton Hilang Kendali hingga Terjungkal ke Sawah

"Kami dari DPRD Jawa Barat, antara unsur pimpinan dan ketua fraksi sudah rapat, dan sudah ada tiga nama. Untuk tiga nama ini akan kita cek curriculum vitae dan persyaratan lainnya, kita sesuaikan apakah memenuhi persyaratan dari Kemendagri," papar Ineu.

Dikatakan Ineu, tiga nama yang sudah dikantongi ini akan menjalani pemeriksaan kelengkapan administrasi, sebelum disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketika diminta untuk menyebutkan nama tiga kandidat Pj Gubernur Jawa Barat, Ineu menyatakan belum bisa membocorkan siapa saja ketiga nama calon pengganti Ridwan Kamil tersebut sebab belum final dan masih ada beberapa rapat lanjutan.

Baca Juga: SEA V League 2023, Ini Jadwal dan Cara Nonton Pertandingan Timnas Voli Putri Indonesia Putaran 1 Agustus

"Meskipun kami sudah ajukan tiga nama ini, Kemendagri akan mengajukan tiga nama lagi. Tetap di akhirnya, Pak Presiden yang akan menentukan siapa yang akan menjadi Pj Gubernur Jabar," ujarnya

Ineu memastikan nama yang diajukan bukanlah dari ASN Pemprov Jabar, sebab salah satu syarat utama nama yang bisa diajukan ini adalah harus ASN dengan jabatan eselon satu.

"Dan di Pemprov Jabar kan yang eselon satu cuma yakni Sekda Jabar, Pak Setiawan Wangsaatmaja. Namun beliau akan pensiun di akhir Agustus. Artinya, tiga nama yang diajukan ini paling dari kementerian, baik dari kementerian di pusat atau kementerian yang bertugas di Jawa Barat," ujarnya.

DPRD Jawa Barat sendiri segera mengumumkan tiga nama yang diajukan tersebut secepatnya dan Kemendagri sendiri memberikan batas waktu pengajuan sampai tanggal 9 Agustus 2023.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x