Ridwan Kamil: Capaian Positif Pertumbuhan Ekonomi Jabar dalam Lima Tahun Terakhir

- 25 Juni 2023, 10:15 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Program Kebijakan KUR UMKM di Pendopo Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Program Kebijakan KUR UMKM di Pendopo Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023. /HUMAS JABAR

 

 

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan sejumlah prestasi dan pencapaian pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi Jabar dalam periode lima tahun terakhir. 

Jawa Barat berturut-turut menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa dan realisasi investasi tertinggi di Indonesia. Pencapaian lainnya, surplus beras sekitar 1,3 juta ton per tahun dengan menambah seluas 60 ribu hektare areal panen baru. 

Menurut Ridwan Kamil, pencapaian tersebut tidak lepas dari peran Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mampu menerjemahkan arahan Presiden RI Joko Widodo dengan baik melalui kinerja-kinerjanya. 

Baca Juga: Pemprov Jabar Ungkap Sejumlah Faktor Pendukung Rebana Bakal Jadi Kawasan Ekonomi Baru

"Hampir 80 persen ekonomi Jawa Barat adalah perputaran UMKM. Jadi Bapak Ibu, kita dorong terus total UMKM Jabar 1,5 juta usaha yang menggerakkan dan membawa lowongan kerja luar biasa," terang Ridwan Kamil mengenai Program Kebijakan KUR UMKM di Pendopo Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

Gubernur Ridwan Kamil menuturkan, rumus untuk menyejahterakan masyarakat ada pada tiga tahapan, yang pertama melalui bantuan sosial kepada yang paling rentan. 

Kedua, menciptakan lapangan kerja dan mencetak karyawan yang memiliki skill, dan ketiga melalui kemandirian berwiraswasta di UMKM. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Kemajuan Ekonomi di Jabar, Nilai Investasi Hingga Rp175 Triliun

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x