Ridwan Kamil Pastikan Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang di Bogor Sudah Berjalan

- 30 Mei 2023, 07:40 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meninjau lokasi rencana pembangunan jalan tol khusus tambang di Cigudeg Kabupaten Bogor, Senin, 29 Mei 2023/ Kominfo Kabupaten Bogor
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meninjau lokasi rencana pembangunan jalan tol khusus tambang di Cigudeg Kabupaten Bogor, Senin, 29 Mei 2023/ Kominfo Kabupaten Bogor /

PRFMNEWS - Proyek pembangunan jalur tambang dengan panjang 11,5 kilometer di wilayah Kecamatan Cigudeg, yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sudah berjalan, dan diperkirakan akan bisa selesai dalam waktu satu tahun ini.

Hal ini diungkapkan Gubernur Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu titik lokasi pembangunan jalan khusus tambang di Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg.

“Dapat saya sampaikan, jalan khusus tambang ini sudah dimulai sebenarnya. Lahan sudah terbebaskan dan jalan sudah terbentuk meski masih berbentuk tanah,” kata Ridwan Kamil, saat meninjau lokasi pembangunan jalan tambang, di Desa Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, seperti dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, Selasa, 30 Mei 2023.

Baca Juga: KAI Bandung Minta Warga Hati-hati Saat Berada di 2 Lintas Jalur Kereta Api ini Mulai 1 Juni

Menurutnya, jalur semacam ini merupakan jenis baru di Indonesia. Sehingga perlu ada aturan yang menjadi dasar pembangunan jalan tersebut. Ia menjelaskan, Kementerian ESDM telah menerbitkan aturan khusus sebagai izin pembangunan.

“Jadi ini inovasi yang dimulai dari regulasi dulu. Menteri ESDM bahkan mengeluarkan peraturan menteri khusus untuk jalur ini. Jadi proses jalan terus, untuk Amdal dan sebagainya, sehingga diharapkan satu tahun dari sekarang insya Allah bisa beroperasi,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

Dia menjelaskan, jalan khusus ini akan melewati 12 jembatan serta memiliki 8 titik keluar-masuk dan akan terhubung dengan Jalan Tol JORR III.

Baca Juga: Pasukan Elit TNI AU Buka Penerimaan Anggota Baru, Langsung Simak Cara Daftarnya!

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x