Persoalan Sampah Jadi Fokus Pemerintah, Ridwan Kamil: Kebersihan juga Ketertiban Menjadi Tugas Bersama

- 3 Januari 2023, 21:49 WIB
Kelompok remaja bernama Pandawara viral di media sosial akibat aksinya memungut sampah di selokan pada awal Januari 2023.
Kelompok remaja bernama Pandawara viral di media sosial akibat aksinya memungut sampah di selokan pada awal Januari 2023. /TikTok @pandawaragroup/


PRFMNEWS - Persoalan sampah di aliran sungai tengah menjadi konsentrasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Karena sampah dapat menyebabkan banjir tidak hanya di Kota Bandung, tapi juga Kabupaten Bandung.

Rupanya permasalah sampah juga bukan hanya menjadi fokus dari negara berkembang seperti Indonesia, namun New York yang diketahui sebagai negara maju pun sampah selalu berserakan di jalanan.

Baca Juga: Banyak Oknum Buang Sampah Sembarangan di Area Masjid Al Jabbar, Padahal Tempat Sampah Ada

"Ini perilaku negara maju juga, di New York yang APBD nya selangit. Sampah berserakan sehabis tahun baru. Artinya, walau sistem negara secanggih apapun, jika warganya masih tidak peduli dan tidak berpartisipasi yang terjadi adalah kesemrawutan," kata Ridwan Kamil seperti dikutip prfmnews.id dari akun Instagramnya @ridwankamil.

Gubernur Jawa Barat itu menyebut, kebersihan juga ketertiban, yang merupakan dua dimensi peradaban sertaenjadi tugas bersama.

Baca Juga: VIDEO: Masih Ada Warga Buang Sampah di Kolam Masjid Raya Al Jabbar

"Betul pemerintah harus punya sistem yang paripurna, canggih, dan lainnya. Namun semua itu butuh kerjasama yang baik dari masyarakat juga," tambahnya.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan kenapa kualitas kebersihan sungai Citarum jauh membaik, walau belum sempurna. Karena adanya kolaborasi antara pemerintah, media, akademisi, dunia bisnis, dan komunitas yang terwakili oleh teladan gen-Z yakni Pandawara.

Baca Juga: 427 'Pahlawan' Kebersihan Disiagakan Tangani Sampah Perayaan Malam Tahun Baru di Bandung

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x