Antispasi Krisis Pangan Global, PDI Perjuangan Jabar Gelar Lomba Menu Inovasi Pangan Lokal di Bandung

- 2 Oktober 2022, 18:48 WIB
PDI Perjuangan Jabar Gelar Lomba Menu Inovasi Pangan Lokal di Bandung, Minggu 2 Oktober 2022.
PDI Perjuangan Jabar Gelar Lomba Menu Inovasi Pangan Lokal di Bandung, Minggu 2 Oktober 2022. /

PRFMNEWS - Ribuan warga Kota Bandung memadati Gebyar dan Lomba Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal tingkat Provinsi di Kiara Artha Park, Jalan Banten Kota Bandung, Minggu 2 Okotober 2022.

Kegiatan yang diinisiasi PDI Perjuangan Jawa Barat ini merupakan antisipasi terjadinya krisis pangan global.

Lomba masak berbahan pangan (sumber karbohidrat dan protein/lauk pauk) dan makanan untuk bayi dibawah dua tahun untuk Generasi Emas Indonesia ini juga menghadirkan 8 ribu porsi makanan tradisional khas Jawa Barat dan dapat dinikmati warga secara gratis.

“Jadi kita membuat lomba masak berbasis pangan non beras dan gandum, kenapa? Karena saat ini ada ancaman krisis pangan dunia. Sehingga kita harus memersiapkan diri untuk membuat olahan makanan yang berbasis non beras,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Ono Surono.

Baca Juga: Kata Luis Milla Terkait Tragedi Kanjuruhan Malang yang Catatkan Ratusan Korban Meninggal

Meski beras merupakan makanan pokok, diutarakan Ono, namun ada beberapa kandungan di dalamnya yang kurang baik untuk tubuh, salah satunya gula.

Ono memaparkan, dari acara hari ini diketahui banyak sumber daya alam yang bisa dijadikan olahan makanan, seperti singkong maupun jagung.

"Lomba ini merupakan langkah konkrit hasil eksplorasi tanaman pangan lokal Jawa Barat yang akan memperkaya khasanah kuliner berbasis kearifan lokal. Seperti diketahui, beras merupakan sumber gula yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Dan ternyata alam telah menyediakan sumber karbohidrat selain beras seperti sagu, singkong, ubi, talas, dan lainnya. Terlebih PDI Perjuangan juga memiliki kebijakan diversifikasi pangan berbasis pangan lokal, guna mengurangi ketergantungan pada beras dan gandum. Ini harus menjadi subtitusi agar masyarakat tidak bergantung kepada beras,” urai anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya pun menggelar lomba masak untuk makanan bayi dibawah dua tahun. Hal ini merupakan langkah PDI Perjuangan dalam mencegah terjadinya stunting di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x