Ini Daftar 21 Merek Kurma Israel yang Diboikot Umat Islam di Dunia Jelang Ramadhan

- 3 Maret 2024, 21:30 WIB
Ilustrasi kurma
Ilustrasi kurma /Freepik/azerbaijan_stockers

PRFMNEWS - Serangan Israel terhadap warga Palestina yang masih belum juga berakhir, semakin mengencangkan gerakan boikot yang dilakukan warga dunia.

Termasuk juga yang dilakukan oleh warga Indonesia dengan memusatkan boikot pada brand-brand yang mendukung Israel.

Apalagi Israel merupakan salah satu produsen terbesar di perdagangan kurma dunia. Ia berada di peringkat kedua, di bawah Arab Saudi. Bahkan nilai ekspor kurma Israel mencapai lebih dari $317 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Pada bulan suci Ramadhan, yang tinggal beberapa hari lagi, kurma menjadi pilihan wajib untuk takjil umat Islam. Karenanya kita perlu berhati-hati agar tidak membeli kurma Israel.

Pada 2012, organisasi The American Muslim for Palestine (AMP) mengumumkan boikot terhadap kurma yang ditanam di pemukiman Israel. Seruan boikot tersebut disampaikan sejak Ramadhan 2012.

"Umat Islam biasanya berbuka puasa di bulan Ramadhan dengan makan kurma dan minum air putih, sayangnya banyak umat Islam tanpa sadar menggunakan kurma Israel yang sebagian besar ditanam di pemukiman Israel yang dibangun secara ilegal di tanah Palestina," kata Awad Hamdan, Direktur Program Nasional AMP.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya banyak sekali industri kurma yang berasal dari Israel. Bahkan, industri kurma tersebut dibangun atas dasar pencurian.

Melansir dari laman ampalaestine.org, setidaknya ada sebanyak 40% kurma Israel yang ditanam di permukiman ilegal.

Disebut begitu, lantaran wilayah yang digunakan hasil curian dari tanah milik warga Palestina.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: American Muslim for Palestine


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x