Ungkap Hasil Bertemu Joe Biden Bahas Konflik Israel-Palestina, Jokowi: Tidak Semua Masukan Ditanggapi

- 21 November 2023, 18:30 WIB
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden AS Joe Biden di Gefung Putih, Washington DC
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden AS Joe Biden di Gefung Putih, Washington DC /Karawangpost/Foto/BPMI-Setpres

PRFMNEWS – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hasil pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang membahas terkait konflik Israel di Gaza, Palestina. Pertemuan mereka berlangsung di Gedung Putih, Washington DC, 13 November 2023, dan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC San Francisco.

Ada 4 masukan dari Presiden Jokowi atas nama Indonesia yang disampaikan kepada Presiden Joe Biden sebagai bentuk desakan agar AS segera mendukung dilakukannya gencatan senjata di Gaza atas penjajahan yang dilakukan Israel.

“Saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan, yang kedua gencatan senjata segera dilakukan, dan yang ketiga perang segera disetop, serta yang keempat bantuan kemanusiaan harus dipermudah untuk bisa masuk ke Gaza,” ujar Jokowi usai melepas bantuan kemanusiaan tahap ke-2 ke Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin 20 November 2023.

Baca Juga: Terungkap! ini yang Disampaikan Jokowi kepada Joe Biden Saat Bertemu di Amerika Serikat

Kendati begitu, Jokowi menyatakan Presiden Biden tidak menanggapi seluruh desakan yang disampaikan Indonesia. Namun, Jokowi menilai bahwa desakan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan oleh Biden untuk mengambil kebijakan terkait penyelesaian konflik Israel-Palestina.

“Saya kira dari apa yang kami sampaikan saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” ucap Kepala Negara.

Presiden juga menyampaikan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bersama beberapa menlu negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan mengunjungi sejumlah negara untuk membahas konflik Gaza. Selain itu, para menlu ini juga akan menyampaikan hasil pertemuan KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudi.

“Kita memang menjadi salah satu utusan dari OKI untuk menyampaikan hasil-hasil yang kita bicarakan di Saudi Arabia,” tutur Presiden.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x