Kehabisan Bahan Bakar, RS Indonesia di Gaza Pakai Minyak Goreng untuk Nyalakan Listrik

- 13 November 2023, 14:30 WIB
Rumah Sakit Indonesia di Gaza lumpuh akibat serangan bom Israel, Ini sejarah berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza.
Rumah Sakit Indonesia di Gaza lumpuh akibat serangan bom Israel, Ini sejarah berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza. /MER-C

PRFMNEWS - Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza harus beroperasi dalam keadaan gelap karena kehabisan bahan bakar sejak Jumat, 10 November 2023.

“Kamis malam itu, kami mendengar dari Ketua Servis Rumah Sakit Indonesia bahwa Jumat mereka akan mengatur aliran listrik di RS Indonesia, hanya beberapa saja ruangan akan dinyalakan, selebihnya akan padam karena untuk menghemat bahan bakar,” kata relawan MER-C di Gaza, Fikri Rofiul Haq, dikutip dari Instagram MER-C.

Dalam video yang dikirimkan Fikri yang juga diunggah di akun Instagram MER-C, tampak situasi RS Indonesia gelap gulita karena listrik tidak menyala. Petugas hanya mengandalkan penerangan dari lampu ponsel ketika berjalan di lorong RS Indonesia.

Baca Juga: Operasional Rumah Sakit Indonesia di Gaza Terancam Berhenti Total Lantaran Krisis Bahan Bakar

Di antara ruangan yang listriknya masih beroperasi adalah tempat operasi, unit perawatan intensif, instalasi gawat darurat (IGD), dan pompa air. Pengurangan pemakain listrik sudah dimulai sejak Jumat pukul 10.00 waktu setempat.

“Namun benar-benar terasa mati lampunya dari sejak sore hari sampai malam, dan alhamdulillah malam ini hanya ruangan-ruangan tertentu saja yang diusahakan tetap menyala,” kata Fikri.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MER-C Indonesia (@mercindonesia)

Untuk menyiasati keadaan darurat, pihak rumah sakit berusaha menggunakan minyak goreng sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x