Pasukan Ukraina Hancurkan 20 Kendaraan Militer Rusia, Ibu Kota Kyiv Diserang Rudal Balistik

- 5 Maret 2022, 17:10 WIB
Rudal balistik 9M723 dilibatkan Rusia
Rudal balistik 9M723 dilibatkan Rusia /rbth.com

PRFMNEWS - Sebuah laporan dari Kementerian Pertahanan Ukraina mengklaim bahwa pasukan Ukraina menghancurkan 20 kendaraan militer Rusia di daerah sekitar Bandara Hostomel.

Lokasi tersebut merupakan satu-satunya pangkalan untuk An-225 Mryia, pesawat kargo terbesar di dunia, yang hancur pada pertempuran pada Kamis, 3 Maret 2022 lalu.

Sumber Ukraina mengklaim pertempuran di sekitar Hostomel dilakukan oleh unit pasukan khusus Ukraina yang didukung oleh partisan yang berperang melawan serangan Rusia.

Selain itu, informasi mengatakan bahwa ibu kota Kyiv terkena serangan rudal balistik jarak pendek (SRBM) Rusia semalam.

Baca Juga: Doni Salmanan Dilapor ke Polisi, Dinan Fajrina Unggah Kalimat Romantis Untuk Sang Suami, Begini Katanya

Diketahui satu rudal menghantam stasiun kereta pusat, di mana kerumunan orang Ukraina yang berusaha melarikan diri dari ibu kota telah terlihat beberapa hari sebelumnya.

Kemudian, tiga rudal balistik lagi menghantam stasiun TV atau radio di Kyiv menurut laporan Ukraina.

Pakar intelijen telah menyarankan bahwa Rusia menggunakan satu-satunya Rudal Balistik Jarak Pendek (SRBM) dalam pelayanan di Ukraina, rudal balistik bergerak 9K720 Iskander-M.

Rudal tersebut dapat mengirimkan beberapa muatan yang berbeda termasuk munisi tandan, bahan peledak tinggi dan bahan bakar udara.

Baca Juga: Inilah Dosa Pertama Kali Setelah Selesai Sholat, Jangan Lupa Ucapkan Dzikir Ini Agar Diampuni

Satu hulu ledak yang dapat digunakan pada Iskander-M menghasilkan pulsa elektromagnetik untuk menonaktifkan kemampuan komunikasi dan radar.

SRBM Iskander-M memiliki jangkauan hingga 500 kilometer dengan jangkauan keterlibatan minimum 50 kilometer. Ini dirancang khusus untuk menghindari sistem anti-rudal dengan menerbangkan lintasan rendah di mana sulit untuk dicegat.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: The Aviationist


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x