Sempat Cerai, Pria Ini Nikahi Lagi Mantan Istrinya yang Sakit Parah dan Siap Jual Rumah untuk Bayar Biaya RS

- 7 Desember 2021, 18:10 WIB
Ilustrasi suami istri.
Ilustrasi suami istri. /Pixabay

PRFMNEWS - Sempat bercerai, seorang pria 39 tahun di Tiongkok, Chen Zhenfeng, memutuskan untuk menikah lagi dengan mantan istrinya setelah tahu bahwa ia sakit parah.

Istri Chen, Xie Hongxia, dilaporkan menderita uremia (suatu kondisi di mana ginjal berhenti menyaring racun dari urin) yang telah memasuki stadium akhir.

Demi membantu biaya pengobatan rumah sakit (RS) Xie, Chen mengatakan siap menjual rumahnya yang diperkirakan sekira RMB1 juta (Rp2,3 miliar).

Baca Juga: 195 Siswa Ikut Praktik Terjun Malam Susparadas A-192 di Lanud Sulaiman Bandung

“Selain rumah, saya juga bersedia mendonorkan salah satu ginjal saya kepada istri, jika secara medis cocok, karena dokter menyarankan lakukan transplantasi ginjal. Saya tidak akan meninggalkan dan tidak menyerah untuknya,” kata Chen.

Awal Mula Bercerai Setelah 7 Tahun Menikah

Chen dan Xie resmi menikah pada tahun 2012 lalu. Pada 2019, pasangan itu dilaporkan mengajukan gugatan cerai akibat cekcok tentang ‘masalah sepele’.

Setelah perceraian mereka, Xie didiagnosis menderita penyakit ginjal saat memeriksakan matanya. Menurut National Kidney Foundation of U.S, penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah yang mempengaruhi penglihatan pasien.

Baca Juga: Update Rangking BWF Terbaru, Lagi-lagi Ada Perubahan Pemain Nomor 1 Dunia

Meskipun mereka sudah bercerai pada saat itu, Chen mengaku segera menemui Xie dan bermaksud untuk merawatnya setelah dia mendengar kabar itu.

Chen menambahkan, dia juga berniat untuk kembali menikah dengan mantan istrinya tersebut, meski awalnya permintaan itu ditolak oleh Xie dan keluarganya.

"Dia khawatir kondisi medisnya akan membebani saya, tetapi saya merasa bahwa saya memiliki tanggung jawab untuk merawatnya, dan saya ingin menempuh jalan ini sambil memegang tangannya di tangan saya," ujar Chen.

Akhirnya, perjuangan Chen berbuah manis. Mereka kembali menikah pada tahun 2021.

Baca Juga: Pemkot Bandung Minta Warga Harus Paham Aturan Soal Kepemilikan Tanah

Xie mengaku merasa ‘sangat aman’ berada kembali di sisi Chen. Chen pun mengatakan, dia ingin memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang suami.

"Wanita lebih lembut, saya tidak ingin dia ditinggalkan sendirian ketika dia sangat tidak berdaya," ucap Chen.

Penghasilan Tidak Cukup untuk Menutupi Biaya Medis

Chen merupakan pensiunan pegawai negeri sipil di bidang militer (veteran) sejak 20 tahun lalu.

Saat ini, Chen berpenghasilan sekira RMB3.000 (Rp6,8 juta) per bulan dari profesi harian di biro transportasi kota dan bekerja sampingan sebagai sopir di malam hari.

Baca Juga: Ardi Idrus di Akumulasi Kartu Kuning, Robert Alberts Pastikan Pemain Lain Siap Tempur Lawan Persebaya

Namun, penghasilannya tidak cukup untuk menutupi biaya perawatan cuci darah sang istri yang menelan biaya RMB6.000 (Rp13,5 juta) per bulan. Chen lantas mempertimbangkan untuk menjual rumahnya untuk menutupi biaya pengobatan.

Baru-baru ini, beberapa veteran militer dan anggota masyarakat sipil dilaporkan menyumbangkan sekira RMB20.000 (Rp45 juta) kepada keluarga Chen.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x