Ternyata Suku Bajo di Indonesia Jadi Salah Satu Inspirasi dari Film Avatar: The Way of Water

- 21 Desember 2022, 12:10 WIB
Seorang anak Suku Bajo menggunakan perahu melintas di antara rumah yang telah dibedah dangan anggaran desa agar menjadi layak huni di Desa Lepee, Konawe, Sulawesi Tenggara, Jumat (17/4/2020)
Seorang anak Suku Bajo menggunakan perahu melintas di antara rumah yang telah dibedah dangan anggaran desa agar menjadi layak huni di Desa Lepee, Konawe, Sulawesi Tenggara, Jumat (17/4/2020) /ANTARA FOTO/Jojon/aww.


PRFMNEWS - Saat ini sekuel film Avatar: The Way of Water sedang menjadi bahan pembicaraan. Setelah menunggu 13 tahun lamanya, sekuel yang digarap oleh James Cameron telah tayang di bioskop.

Melansir dari halaman Instagram @kemenparekraf.ri, ada salah satu klan dari film Avatar: The Way of Water yakni Metkayina karena terinspirasi dari suku Bajo yang hidup di rumah panggung dan mampu menyelam dengan kurun waktu lama di dalam air.

Sutradara James Cameron mengaku melakukan banyak riset untuk menciptakan karakter Metkayina. Dirinya meneliti budaya dari suku-suku yang hidup berdampingan dengan laut.

Baca Juga: Sekuel Avatar: The Way Of Water, Akhirnya Tayang Perdana Setelah 13 Tahun Menanti dari Film Pertamanya

"Terdapat orang laut di Indonesia yang tinggal di rumah panggung dan hidup di atas rakit," kata James Cameron.

Menurutnya, melihat beberapa desa dengan jalur air dengan arsitektur pepohonan lokal, diketahui semua budaya Na'vi tidak ingin menebang pohon, menggergaji sesuatu, atau membangun sesuatu, karena mereka ingin berinteraksi dengan cara yang sangat alami dan apik.

Baca Juga: Menparekraf Sebut IPKN Jadi Indikator Penguat Sektor Pariwisata Indonesia

Avatar: The Way of Water (Avatar 2)
Avatar: The Way of Water (Avatar 2)

"Serta ada simbiosismutualisme dalam lingkungan mereka, jadi kami membuatnya dengan arsitektur mereka," ujarnya.

Suku Bajo sendiri adalah salah satu suku yang berada di Indonesia, tepatnya di wilayah perairan sekitar Sulawesi, Kalimantan Timur, Maluku, hingga Nusa Tenggara.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x