Siapa Alec Baldwin: Aktor Hollywood yang Miliki Kehidupan Penuh Warna dan Ayah 7 Anak

- 23 Oktober 2021, 20:27 WIB
Alec Baldwin angkat bicara atas tragedi penembakan
Alec Baldwin angkat bicara atas tragedi penembakan /POOL/REUTERS

PRFMNEWS - Terkenal selama lebih dari tiga dekade, Alec Baldwin merupakan salah satu aktor Hollywood yang miliki akting sempurna.

Alec Baldwin kembali berurusan dengan polisi akibat kematian sinematografer Halyna Hutchins di lokasi syuting film ‘Rust’ setelah dia tak sengaja menembakkan senjata api properti.

Alec Baldwin adalah anak tertua dari empat bersaudara, semuanya bekerja di industri hiburan, dan dia bisa dibilang yang paling sukses di keluarga.

Perjalanan karier

Alec Baldwin menjadi tersohor di serial televisi terkenal CBS ‘Knots Landing’.

Baca Juga: Viktor Axelsen Bagikan Foto Anaknya yang Sedang Menyaksikan Greysia Polii/Apriyani Rahayu Bertanding

Kemudian namanya melambung setelah membintangi film layar lebar seperti ‘Beetlejuice’ dan ‘The Hunt for Red October’, serta kolaborasinya dengan sutradara Woody Allen dalam film seperti ‘Alice’, ‘Blue Jasmine’, dan sutradara Martin Scorsese di film ‘The Aviator’ dan ‘The Departed’.

Baldwin juga beradu akting dengan Tom Cruise dalam film ‘Mission: Impossible – Fallout’ dan masuk nominasi penghargaan Oscar untuk penampilannya tahun 2003 dalam film ‘The Cooler’.

Dia memenangkan dua Emmy dan tujuh Screen Actors Guild Awards untuk perannya sebagai Jack Donaghy di sitkom NCB ‘30 Rock’.

Acara hiburan NBC ‘Saturday Night Live’ (SNL)

Alec Baldwin kembali ke televisi dan mendorong kariernya di dunia komedi pada tahun 2016, ketika ia mengambil peran sebagai Donald Trump di acara hiburan NBC ‘Saturday Night Live’. Berkat aktingnya tersebut ia mendapatkan banyak penggemar hingga cemoohan dari mantan presiden AS.

Trump sempat mencuit di akun Twitter-nya kala itu: "Peniruan identitas Baldwin ini apakah tidak bisa lebih buruk".

Baca Juga: Kegiatan Belajar Tatap Muka di 14 Sekolah Kota Bandung Sementara Dihentikan

Baldwin yang merupakan seorang Demokrat dan kritikus vokal terhadap Trump kala itu menyebut, berkat perannya itulah ia bisa memenangkan penghargaan Emmy ketiganya dan membantu menghidupkan kembali karier di genre komedi.

Pernikahan, perceraian, dan pesan suara

Ayah tujuh anak ini sangat lekat dengan kontroversi.

Pada Mei 1990, Baldwin bertemu aktris Kim Basinger di lokasi syuting ‘The Marrying Men’.

Mereka akhirnya menikah selama sembilan tahun dan melalui proses pengadilan yang pahit dan berlarut-larut sebelum bercerai pada 2002.

Pada 2007, Baldwin meninggalkan pesan suara (voice mail) berisi kemarahan di telepon putrinya yang berusia 11 tahun, Ireland Ellisse Baldwin. Di pesan itu, Baldwin memanggil Ireland dengan sebutan ‘babi kecil yang ceroboh’.

Pesan suara itupun bocor saat proses perceraian Baldwin di pengadilan tentang perjuangan hak asuh anak oleh Baldwin dan Basinger.

Pada saat pesan suara dikirim, Ireland sedang tinggal di rumah sang ibu dan gagal menjawab panggilan dari ayahnya.

"Kamu adalah babi kecil yang tidak tahu sopan santun dan tidak punya otak sebagai manusia," kata Baldwin dalam pesan suara tersebut.

Baca Juga: Ini 4 Kejadian Normal di Dunia Penerbangan yang Kadang Membuat Takut: Pesawat Berputar Sebelum Landing

"Saya tidak peduli jika kamu berusia 12 tahun, atau 11 tahun, atau kamu masih anak-anak, sejauh yang saya tahu, ibumu adalah orang yang menyebalkan dan tidak peduli dengan apa yang kamu lakukan," tambahnya.

Aktor yang kala itu berusia 59 tahun meminta maaf, merasakan kesedihan dan penyesalan karena tidak dianggap lagi sebagai seorang ayah oleh putrinya. Baldwin sempat memiliki pikiran untuk bunuh diri setelah kasus itu.

Setelah bercerai, Baldwin menikah dengan seorang guru yoga bernama Hilaria Thomas dan memiliki enam anak.

Berurusan dengan kasus hukum

Alec Baldwin memang terkenal dengan emosinya yang mudah meledak.

Pada Oktober 1995, Baldwin diduga menyerang seorang fotografer yang merekam video mantan istrinya Kim Basinger dengan putri mereka yang baru berusia tiga hari, saat mereka pulang dari rumah sakit.

Baldwin kemudian harus membayar ganti rugi kepada fotografer itu setelah dia mematahkan kacamata dan hidungnya serta menyemprot mobilnya dengan krim cukur.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ridwan Kamil Rayakan Jabar Juara Umum PON Papua Tanpa Patuhi Prokes?

Pada 2013, polisi memanggil Baldwin setelah dia terlibat dalam pertengkaran dengan seorang fotografer profesional di luar apartemennya di New York City. Itu terjadi beberapa hari setelah istri keduanya, Hilaria, melahirkan putri pertama.

"Yang bisa saya katakan adalah saya melakukan pekerjaan saya dengan menanyakan pertanyaan normal dan dia tidak terima. Itu saja," kata fotografer pria itu.

Acara talkshow ‘Up Late with Alec Baldwin’ yang ia pandu juga dihentikan pada tahun 2013 setelah dia meminta maaf atas kata-kata bernada homofobia yang diucapkan saat acara berlangsung.

Baldwin juga mengaku bersalah usai terlibat perselisihan di sebuah tempat parkir pada 2019, hingga membuatnya mengikuti kelas manajemen kemarahan.

Masalah maskapai penerbangan

Alec Baldwin pernah gagal terbang dari Los Angeles menuju New York pada 2011, setelah dia menolak untuk berhenti bermain game ‘Word with Friends’ di ponselnya.

Baca Juga: Tumbuhan Herbal dan Makanan Fermentasi yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Saat menunggu lepas landas, Baldwin diduga memarahi pramugari hingga akhirnya diturunkan dari pesawat.

Dia kemudian melampiaskan kemarahannya di Twitter yang menyamakan sikap kru pesawat dengan ‘pensiunan guru olahraga sekolah Katolik dari tahun 1950-an’.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: News Sky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x