CEK FAKTA: Benarkah Menteri Keuangan Sri Mulyani Pose 1 Jari Usai Nyoblos?

- 14 Februari 2024, 17:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Pose 1 Jari
Menteri Keuangan Sri Mulyani Pose 1 Jari /

PRFMNEWS - Beredar foto di media sosial TikTok yang menunjukan foto Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan baju kemeja putih dan berpose satu jari. Foto tersebut diunggah oleh akun TikTok makzullkan.jokowi.solo pada Rabu 14 Februari 2024.

“Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA salam satu jari kode Kode Alam Semesta 01, Kode Alam Semesta 01 AMIN,” bunyi narasi keliru yang dibangun Akun TikTok makzulkan.jokowi.solo.

Berdasarkan penelusuran tim cekfakta.com, foto tersebut merupakan dokumen lama yang diambil pada pemilu 2019 lalu.

Foto Sri Mulyani dengan baju putih dan berpose satu jari itu bersumber dari berita berjudul “Harapan Sri Mulyani Usai Nyoblos: Semua Damai Lagi,” yang dimuat Detikfinance pada Rabu 17 April 2019 lalu.

Saat itu, Sri Mulyani menggunakan hak pilihnya di komplek Mandar Sektor 3A, Bintaro Jaya, Tangsel, Banten pada Rabu 14 April 2019.

Pada Pemilu 2024, Sri Mulyani menggunakan hak pilihnya di TPS 73 Jalan Mandar, Taman Bintaro Jaya Sektor 3A, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Berdasarkan pantauan di lapangan, Sri Multani terlihat menggunakan kemeja hitam, celana jeans, dan sepatu putih.

Kesimpulan

Foto yang dibagikan oleh akun TikTok makzulkan.jokowi.solo merupakan konten salah konteks atau hoaks. Foto yang digunakan akun TikTok itu mengambil foto tahun 2019 lalu dari berita yang berjudul “Harapan Sri Mulyani Usai Nyoblos: Semua Damai Lagi,” yang dimuat Detikfinance pada Rabu 17 April 2019 lalu.****

Berita ini telah tayang di cekfakta.com dengan judul Hoaks Foto Sri Mulyani Viral di TikTok Usai Pencoblosan Pose 1 Jari

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x