Cek Fakta: Seluruh Guru di SDN 056 Garuda Dadali Bandung Jalani Swab Test Karena Ada Kasus Covid-19?

- 25 Agustus 2020, 17:46 WIB
ILUSTRASI virus corona Covid-19.*
ILUSTRASI virus corona Covid-19.* /pixabay



PRFMNEWS
– Aplikasi berbalas pesan WhatsApp kembali diramaikan oleh informasi keliru terkait Covid-19.

Terbaru, sebuah pesan berantai di media sosial tersebut menyatakan bahwa seluruh guru di SDN 065 Garuda Dadali Kota Bandung menjalani swab test, karena adanya kasus Covid-19 di sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Garuda tersebut.

Saat dikonfirmasi Redaksi PRFM, ternyata pesan berantai tersebut memuat informasi yang keliru bahkan cenderung bisa dikategorikan sebagai kabar bohong atau hoaks.

Baca Juga: Update 25 Agustus: Kecamatan Nagreg Nol Kasus Covid-19

Kepala Sekolah SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung, Waluyawati memastikan, kabar mengenai seluruh guru di SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung ikut swab test merupakan informasi yang tidak benar.

Sebab hingga saat ini, SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung tidak menggelar atau meminta seluruh staf guru untuk melakukan swab test.

“Apa yang dikabarkan terkait seluruh guru di SDN 056 Garuda Dadali melakukan swab test itu tidak benar,” jelas Waluyawati saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 25 Agustus 2020.

Adapun informasi yang benar ialah adanya salah satu orangtua siswa SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung terkonfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut diketahui setelah pada Senin 24 Agustus 2020 kemarin, petugas Puskesmas Garuda mendatangi SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung untuk memberikan informasi itu.

Baca Juga: Direktur CBA Sebut Pemerintah Gunakan Logika yang Salah Terkait Bantuan Pulsa untuk PNS

“Kebetulan letak SDN 056 Garuda Dadali berhadapan dengan Puskesmas Garuda. Petugas dari Puskesmas Garuda mengabarkan kepada kami bahwa ada salah satu orangtua siswa SDN 056 Garuda Dadali yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Waluyawati.

Namun demikian, kata Waluyawati, hingga saat ini SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung tidak pernah mengadakan kegiatan yang menyebabkan kerumuman.

Kesimpulan
Pengelola SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung belum pernah menggelar swab test bagi seluruh staf gurunya.

Diduga ada salah paham warga setempat saat melihat petugas Puskesmas Garuda mendatangi SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung.

Hal tersebut menyebabkan berkembangnya isu keliru terkait kasus Covid-19 yang berhubungan dengan SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x