Cek Fakta: Kucing Bisa Sebabkan Ibu Hamil Terinfeksi Penyakit?

- 11 Agustus 2020, 22:00 WIB
ILUSTRASI masa kehamilan.*
ILUSTRASI masa kehamilan.* /PIXABAY



PRFMNEWS – Masa kehamilan merupakan momen bahagia dalam hidup seorang wanita. Kebahagian ini juga bisa dirasakan oleh suami dan juga anggota keluarga lainnya.

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan, seperti kondisi kesehatan dan serta asupan makanan bagi ibu hamil.

Tak jarang muncul pertanyaan dari masyarakat mengenai mitos dan fakta terkait masa kehamilan.

Baca Juga: Jokowi Harapkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Selesai Dalam 6 Bulan

Untuk menjawab rasa ingin tahu masyarakat terhadap masa kehamilan, berikut kami himpun penjelasan dari Kepala Regional Bandung Klinik Jejaring Padjadjaran dr. Dhany Kartika Sari mengenai mitos atau fakta terkait masa kehamilan.

1. Mitos atau fakta, ibu hamil tidak boleh olahraga?
Jawaban: Mitos

Dhanny menjelaskan, semua masa kehamilan merupakan masa-masa di mana ibu hamil harus tetap waspada. Kewaspadaan yang harus ditingkatkan yakni mengontrol aktivitas, karena ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam beraktivitas.


Untuk itu, ibu hamil bisa memilih jenis-jenis olahraga ringan untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar selama masa kehamilan.

“Ibu hamil harus menghindari jenis-jenis olahraga berat, seperti basket, badminton, tenis. Olahraga ringan seperti jalan santai dan renang merupakan jenis olahraga yang paling tepat bagi ibu hamil. Karena jenis olahraga ini juga cocok dilakukan bagi pengidap asma, diabetes dan penyakit lainnya,” katanya Saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 11 Agustus 2020.

2. Mitos atau fakta, bayi suka ngiler karena ngidam ibu hamil tidak terpenuhi?
Jawaban: Mitos

“Ini mitos. Ada usia-usia tertentu bayi itu banyak menghasilkan banyak air liur. Hal ini karena ada proses pembentukan gigi, proses pengecepan yang harus aktivitas makan dan mengunyah,” ujara Dhany.

Baca Juga: Jadi Mata-mata Asing, Iran Tangkap Lima Warganya

3. Mitos atau fakta, makan nanas bisa sebabkan keguguran?
Jawaban: Fakta

“Kalau konsumsinya buah nanas terlalu berlebihan, maka bisa menyebabkan suatu kontraksi. Jika terjadi kontraksi, maka ibu hamil akan merasa serba tidak nyaman, asam lambung jadi meningkat. Kendati demikian kasus keguguran karena makan nanas sangat jarang terjadi,” ujar Dhany.

4. Mitos atau fakta, kucing bisa sebabkan ibu hamil terinfeksi penyakit?
Jawaban: Fakta

“Ketika kucing tersebut tidak sehat. Kucing bisa memiliki suatu penyakit yang dapat mengakibatkan janin terinfeksi penyakit dari kucing yang tidak sehat tersebut,” ucap Dhany.

“Salah satu dampak infeksi pada Janis yakni kulit bayi bisa ada bercak-bercak hitam, bisul-bisul, bahkan kudis pada kulit bayi saat proses kelahiran,” imbuhnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x