Mitos atau Fakta? Bra Berkawat Menyebabkan Kanker Payudara, Simak Penjelasannya

- 3 September 2022, 15:15 WIB
Ilustrasi bra.
Ilustrasi bra. /Pixabay.com/ Jackmac34


PRFMNEWS - Saat ini banyak wanita di seluruh dunia melawan ancaman kanker payudara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengamati bahwa ada 7,8 juta wanita hidup, yang didiagnosis menderita kanker payudara dalam 5 tahun terakhir. Hal ini membuat penyakit ini menjadi kanker paling umum di dunia.

Seperti diketahui sebagian besar wanita di dunia menggunakan bra dalam menjalani aktivitas sehari-hari, walaupun ada beberapa wanita daerah pedalaman yang tidak menggunakan bra.

Penggunaan bra pada wanita bisa jadi hal wajib yang harus dikenakan saat melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah sekalipun. Di samping berfungsi untuk menyangga payudara, terkadang bra juga dijadikan sebagai fashion bagi beberapa kalangan.

Baca Juga: 3 Bahaya Sayuran dan Buah-buahan Bagi Tubuh Kita, Salah Satunya Bisa Timbulkan Kanker Kata dr. Ema

Dari sekian banyak jenis bra yang ada di pasaran, bra atau bra dengan kawat adalah salah satu jenis yang paling populer sebab jenis ini dinilai dapat menopang payudara dengan lebih baik dan membuatnya terlihat lebih kencang.

Namun, beberapa orang mengatakan jika hal tersebut hanyalah mitos. Apakah benar menggunakan bra dengan kawat dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara? Yuk, kita simak langsung penjelasannya.

Menurut Dr Sunita Varma Direktur, Obs dan Ginekologi, Rumah Sakit Fortis Shalimar Bagh, menggunakan bra berkawat tidak menyebabkan kanker payudara.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Salah Saat Menstruasi ini Bisa Buat Mandul Sampai Terkena Kanker Serviks

Ia menambahkan bahwa ada mitos bahwa itu menghalangi aliran limfatik dan aliran darah, karena pemakaian bra yang ketat, adalah penyebab kanker payudara, seperti yang dilansir prfmnews.id dari Healthshots.

Varma juga menambahkan, faktor risiko yang terkait dengan kanker payudara, adalah seperti obesitas, mengonsumsi alkohol, kehamilan pada tahap akhir, riwayat keluarga yang mempunyai penyakit kanker payudara, dan karena faktor genetik.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x