Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Tak Lagi Ditutup, Ini Penjelasan Polisi

- 16 Oktober 2020, 15:31 WIB
Suasana penutupan sementara Jalan Asia-Afrika Kota Bandung, Jumat 25 September 2020. Pemkot Bandung mengeluarkan kebijakan untuk menutup beberapa ruas jalan protokol dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat untuk mengurangi kerumunan di tengah Pandemi Covid-19.*/ RIZKY PERDANA/PRFMNEWS
Suasana penutupan sementara Jalan Asia-Afrika Kota Bandung, Jumat 25 September 2020. Pemkot Bandung mengeluarkan kebijakan untuk menutup beberapa ruas jalan protokol dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat untuk mengurangi kerumunan di tengah Pandemi Covid-19.*/ RIZKY PERDANA/PRFMNEWS /



PRFMNEWS - Meski Wali Kota Bandung Oded M. Danial telah menegaskan, kebijakan penutupan sejumlah jalan di Kota Bandung pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat berlanjut, namun sejumlah ruas jalan yang semula terkena penutupan dalam beberapa hari terakhir ini nampak kembali dibuka.

Seperti diketahui, penutupan jalan selama AKB yang diperketat, diterapkan di lima titik jalan, yakni Merdeka-Riau, Merdeka-Aceh, Purnawarman, Asia Afrika dan Otista-Suniaraja.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Aplikasi Reksa Dana untuk Pemula

Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung, Iptu Asep Kusmana menjelaskan, penutupan jalan di lima titik saat ini masih berlaku. Namun, untuk pelaksanaannya kini lebih situasional, dengan mempertimbangkan volume kendaraan dan kegiatan masa di satu titik.

"Penutupan jalan di lima titik tetap berlaku, pola dan waktunya tetap sama mulai pukul 09.00-11.00 WIB, 14.00-16.00 dan pukil 21.00-05.00 WIB, kecuali di Jalan Otista pukul 17.00 sampai pukul 05.00 WIB," ujar Asep Kusmana saat dihubungi, Jumat 16 Oktober 2020.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan Kelima: Everton vs Liverpool, Manchester City vs Arsenal

Asep mencontohkan, bila ada kegiatan penyampaian aspirasi atau demo di suatu kawasan, maka titik jalan yang berdekatan dengan kegiatan massa itu dibuka.

Tujuannya tidak lain, agar pengguna jalan tidak terhambat dengan adanya aksi unjuk rasa, dengan cara bertindak di lapangan melakukan pengalihan arus.

"Kita prioritaskan pengguna jalan. Karena itulah, penutupan jalan saat ini tetap berlaku dengan pola dan waktu yang sama hanya situasional," tegasnya.

Asep juga kembali mengimbau masyarakat di masa AKB ini, untuk tetap mentaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Berangkat ke Uni Emirat Arab Senin 19 Oktober Mendatang, Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-16

Kawasan yang berpotensi menimbulkan kerumunan selama pandemi belum mereda, masih tetap akan diawasi.

"Imbauan pada masyarakat, saat pandemi ini taati protokol kesehatan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dan jauhi kerumunan. Dan selalu taati lalu lintas," pungkasnya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x