30 Kecamatan di Kota Bandung Serentak Tanam Cabai hingga Bawang, Target Panen Raya di Juli 2024

- 1 Mei 2024, 09:30 WIB
Penanaman cabai dan bawang serentak di kota Bandung.
Penanaman cabai dan bawang serentak di kota Bandung. /Diskominfo kota Bandung/

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar penanaman bawang merah hingga cabai rawit secara serentak di 30 kecamatan se-Kota Bandung pada Selasa, 30 April 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk dari program Buruan Sae yang selama ini sudah berjalan di Kota Bandung.

Penanaman cabai rawit hingga bawang merah secara simbolis dilakukan oleh Plh. Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar dan Pj Ketua TP PKK Kota Bandung Linda Nurani Hapsah didampingi beberapa kepala OPD berlokasi di Buruan Sae Pemuda Mandiri, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi.

Tujuan penanaman serentak tanaman cabai rawit dan bawang merah, kata Hikmat, antara lain sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi, mewujudkan kemandirian pangan, hingga ekonomi hijau. Buruan Sae menurutnya juga jadi solusi bagi masyarakat dalam mengelola lahan terbatas di Kota Bandung.

"Di Kota Bandung, lahan pertanian terbatas, sehingga kebutuhan pangan tergantung daerah lain. Sekitar 90 persen pangan dipasok dari luar. Untuk mengantisipasi itu, pemerintah melakukan upaya menyediakan bahan pangan menggunakan lahan secukupnya dengan program Buruan Sae," ujar Hikmat.

Baca Juga: Palasari Hidupi Warganya Lewat Hasil Kebun Sendiri Berkat Program Buruan Sae?

Dengan rutin menanam kebutuhan pangan seperti cabai rawit, bawang dan sebagainya, imbuh dia, bukan hanya untuk dikonsumsi tapi punya manfaat baik pula bagi lingkungan seperti mengurangi dampak negatif emisi karbon yang bisa menyebabkan peningkatan suhu bumi.

"Ekonomi hijau lingkungan yang berada di Kota Bandung ini memberikan keberlangsungan hidup, dengan usia harapan hidup 74,4 tahun," bebernya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menambahkan, sebagai kota besar, Kota Bandung telah terbukti mampu melakukan pengembangan dan pemanfaatan pekarangan dengan luas lahan yang terbatas untuk program Buruan Sae.

"Hari ini 375 Buruan Sae di Kota Bandung, menanam cabai dan bawang serentak se-Kota Bandung. Untuk kali ini kita menanam di kawasan Buruan Sae Pemuda Mandiri di wilayah Sukajadi,” ungkap Gin Gin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah