Dokter Hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Kawal Hewan hingga Proses Kurban

- 17 Juni 2024, 13:00 WIB
Dokter Hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memeriksa hewan kurban, Senin 17 Juni 2024
Dokter Hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memeriksa hewan kurban, Senin 17 Juni 2024 /Budi Satria/PRFM

PRFMNEWS - Dinas Pertanian Kabupaten Bandung mengerahkan tim dokter hewan untuk mengawal hewan kurban hingga hari H Idul Adha.

drh Maria Dewi Setiawati menjelaskan, pengawalan ini dilakukan sejak tanggal 5 Juni 2024. Hewan-hewan yang akan dikurbankan diperiksa berulang kali hingga menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Dinas Pertanian Kabupaten Bandung sebenarnya sudah melaksanakan pemeriksaan sejak tanggal 5 Juni 2024 sampai 16 Juni 2024. 31 Kecamatan dilakukan pengecekan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menjelang Idul Adha," ujarnya saat ditemui PRFM lokasi pemotongan hewan di Polresta Bandung, Senin 17 Juni 2024 pagi.

Baca Juga: Flyover Baru di Kota Bandung Ini Pembangunannya Hanya 6 Bulan, Dana yang Dikeluarkan Pemerintah Rp35 Miliar

Maria mengungkapkan, terdapat 29.829 ekor hewan yang akan dikurbankan di Kabupaten Bandung pada hari raya Idul Adha tahun ini.

Ia merincikan, sebanayak 16 ribu ekor sapi dinyatakan sehat dan layak kurban. Sebanyak 11.998 ekor domba dinyatakan sehat dan layak kurban dan sebanyak 67 ekor kambing dinyatakan sehat dan layak kurban.

"Ada 400 ekor hewan kurban yang kita periksa ternyata sakit, gejala pink eyes. Hewan kurban yang sakit kita isolasi. Ada 74 ekor hewan yang mengalami Penyakit Kuku dan Mulut (PMK)," ungkap Maria.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1 2024: Persib Dirumorkan Gaet Striker Timnas Indonesia, Punya Statistik Bagus

Dipastikan Maria, hewan yang mengidap penyakit tidak langsung dikurbankan. Hewan-hewan yang sakit wajib menjalani isolasi hingga sembuh.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah