Keberhasilan Bupati Bandung Bandung dalam Tata Kelola Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan

- 22 April 2024, 18:09 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Kadisperkimtan Kabupaten Bandung Wahyudin
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Kadisperkimtan Kabupaten Bandung Wahyudin /

PRFMNEWS - Selama Tiga tahun masa kepemimpinan Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si. sebagai Bupati Bandung, telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan, karya dan inovasi atau terobosan yang diraih untuk kemajuan Kabupaten Bandung.

Dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Bandung yaitu mewujudkan Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera atau Bandung BEDAS, dengan salah satu misi Kabupaten Bandung yaitu mengoptimalkan pembangunan daerah berbasis partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi kreatiftas dalam bingkai kearifan lokal dan berwawasan lingkungan, Bupati Bandung berupaya secara optimal untuk melakukan pembangunan pada berbagai sektor terkait, khususnya pada sektor perumahan dan kawasan permukiman.

Dalam Bidang Perumahan, 35.000 Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Bandung bisa diselesaikan secara perlahan tapi pasti oleh Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna dengan program prioritas yaitu Stimulan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sebanyak 7.000 unit per tahun.

Tata cara pemberian bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni diatur pada Peraturan Bupati No 10 tahun 2021, tentang Pedoman Penganggaran, Penatausahaan, Pelaporan, Pertanggungjawaban dan Monitoring & Evaluasi Belanja Hibah dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah. Bahkan, Bupati Bandung dapat mengerjakan program prioritas tersebut melebihi target yang telah ditentukan pada setiap tahunnya. Capaian tersebut tidak lepas dari peran Bupati Bandung dalam mencari berbagai alternatif pembiayaan untuk perbaikan rumah tidak layak huni.

Sementara dalam bidang Pemukiman, Kang DS berhasil menyelesaikan permasalahan dalam penyediaan prasarana, sarana dan utilitas yang menunjang permukiman. Seperti mengoptimalkan penataan ruang terbuka hijau dan mempercepat proses serah terima Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Perumahan dari pengembang kepada masyarakat.

Beberapa program strategis Kang DS dalam meningkatkan pelayanan pemukiman melalui Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertahanan (Disperkimtan) Kab. Bandung diantaranya adalah Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS),TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera), Lomba Posyandu, Lomba Tangguh Bencana, dan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Baca Juga: Tandatangani 3 Rencana RDTR Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna: Dorong Peningkatan Daya Saing Daerah

Penyerahan Sertipikat dari BPN ke Pemerintah Kabupaten Bandung  Jumat,  11 Februari 2022
Penyerahan Sertipikat dari BPN ke Pemerintah Kabupaten Bandung Jumat, 11 Februari 2022

Dalam Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat sebagai koordinator Tatanan 2 Permukiman dan Fasilitas Umum, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan berperan bersama dengan seluruh jajaran Pembina dan Forum Masyarakat berhasil penghargaan predikat tertinggi Swasti Saba Wistara atau Kabupaten Sehat tahun 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah