Awas Kejebak Macet, Hindari Tanggal Puncak Kunjungan Wisata ke Bandung dan Titik Rawan Padat Kendaraan

- 12 April 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi kemacetan di Bandung
Ilustrasi kemacetan di Bandung /Twitter @achmadhuda

PRFMNEWS – Polisi memprediksi jadwal puncak kunjungan wisatawan ke wilayah Bandung sehingga berpotensi memicu kemacetan lalu lintas (lalin) di sejumlah titik ruas jalan pada momen libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kemacetan di sejumlah titik lokasi ruas jalan di wilayah Bandung pada libur Lebaran 2024 ini dipicu berbagai faktor penyebab. Guna mengurai kepadatan arus kendaraan, polisi dibantu personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan stakeholder terkait melakukan sejumlah upaya penanganan.

Melansir ANTARA, kemacetan pada momen libur Lebaran 2024 mulai terjadi di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis 11 April 2024 atau pada hari kedua Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca Juga: Baru Dibuka, Tempat Wisata Pemandian Air Panas Belerang di Bandung, Cocok Buat Relaksasi di Libur Lebaran

Kemacetan terjadi sejak Kamis pagi di beberapa titik lokasi sepanjang jalur Bandung-Subang, yakni Terminal Ledeng, kemudian Hotel Grand Hani, pintu masuk The Great Asia Afrika dan Farmhouse, pintu masuk Mini Mania sampai ke Simpang Betrix, pertigaan Jalan Grand Hotel, serta di sekitar Pasar Panorama.

Faktor penyebab kemacetan di sepanjang jalur wisata Bandung-Subang antara lain karena jalan yang tidak begitu lebar, gerbang masuk dan keluar SPBU, gerbang tempat wisata, gerbang tempat makan atau istirahat, ditambah banyaknya jalan persimpangan ke pemukiman warga.

Di titik-titik kepadatan tersebut, kendaraan roda empat diperkirakan hanya bisa berjalan dengan kecepatan maksimal 10-15 km per jam karena padatnya antrean kendaraan.

Baca Juga: Kota Bandung Diguyur Hujan Lebat, Beberapa Lokasi Tergenang Banjir

Sementara itu, Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Cimahi Ipda Andriansyah menyampaikan pihaknya memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke Lembang akan terjadi pada akhir pekan, terutama Sabtu 13 April 2024. Kemudian arus balik diprediksi pada Minggu 14 April 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x