Pemberantasan Korupsi di Kota Bandung Tidak Cukup dengan Komitmen Saja

- 5 April 2024, 21:00 WIB
Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Pemkot Bandung, Kamis 4 April 2024
Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Pemkot Bandung, Kamis 4 April 2024 /Diskominfo Kota Bandung

BANDUNG PRFMNEWS - Pemberantasan korupsi di Kota bandung tidak cukup hanya dengan komitmen semata.

Komitmen tersebut harus diaktualisasikan dalam bentuk strategi yang komprehensif untuk meminimalisasi tindak korupsi di Kota Bandung.

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar memaparkan, ada tiga faktor penyebab seseorang melakukan korupsi. Tiga faktor ini harus diketahui demi menyiapkan strategi pemberantasan korupsi yang tepat.

Baca Juga: Tanggapi Kasus Korupsi CCTV Kota Bandung, Bey Machmudin: Kita Harus Menghormati Proses Hukum

"Terdapat tiga faktor penyebab seseorang melakukan fraud atau tindak kecurangan (Triangle Fraud Theory) yaitu adanya tekanan, peluang atau kesempatan, dan rasionalisasi. upaya pencegahan korupsi dapat dlakukan secara preventif, detektif, dan represif," papar Hikmat dalam Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi di Pemkot Bandung, Kamis 4 April 2024.

Dikatakan Hikmat, pencegahan korupsi di Kota Bandung tahun 2024, dalam menyampaikan dokumen kelengkapan yang membuktikan upaya pembangunan sistem pencegahan korupsi. Bukan hanya evidence semata, namun perlu tindakan yang nyata dengan penuh kesungguhan dengan tidak melakukan praktik korupsi.

"Komitmen, peran serta sinergi bersama seluruh stakeholder terkait dalam rangka pembangunan sistem pencegahan korupsi daerah yang kuat sangatlah penting, mari kita membangun Kota Bandung yang bersih bebas dari korupsi," ujarnya.

Baca Juga: KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV Kota Bandung

Kasatgas Korsup Wilayah ll KPK RI, Arief Nur Cahyo menyatakan, terdapat beberapa strategi tentang pemberantasan korupsi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x