Bupati Bandung Ingatkan Warga Cek Kondisi Rumah Sebelum Pergi Mudik

- 1 April 2024, 21:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna seusai menandatangani tiga Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Ruang Bale Sawala Soreang, Senin, 22 Januari 2024
Bupati Bandung Dadang Supriatna seusai menandatangani tiga Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Ruang Bale Sawala Soreang, Senin, 22 Januari 2024 /Pemkab Bandung/

PRFMNEWS - Jelang masa libur lebaran, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengingatkan warga yang akan mudik ke kampung halaman untuk mem[erhatikan keselamatan dan keamanan rumah yang akan ditinggal mudik.

Dia mengimbau warga yang akan mudik untuk memperhatikan barang-barang di rumah agar ditinggalkan dalam kondisi yang aman guna mencegah kebakaran dan hal yang tak diinginkan lainnya.

"Terutama memperhatikan dan memastikan kompor, harus dalam kondisi tidak nyala atau mati. Kadang-kadang tidak diperhatikan. Sebaiknya, regulator tabung gas elpijinya dibuka atau dilepas, sebelum meninggalkan rumah saat mudik," kata Dadang.

Dikatakan bupati yang akrab disapa Kang DS itu, salah satu penyebab kebakaran itu dari percikan api. Kemudian, korsleting listrik juga menjadi salah satu penyebab.

Baca Juga: Festival Durian di Bandung Diserbu Masyarakat, Bupati Dadang: Acara ini Akan Digelar Tiap Tahun

Karenanya dia menyarankan agar warga memperhatikan kondisi listrik rumah sebelum ditinggalkan saat mudik.

"Saran saya, sebelum meninggalkan tempat lebih baik aliran listrik dimatikan. Hanya yang nyala itu di bagian depan rumah. Tetapi itu juga untuk diperhatikan instalasi listriknya. Jangan sampai terjadi korsleting atau sudah lama kabel tersebut, sehingga tidak terpantau tentang kekuatan daripada kabel listrik tersebut," katanya.

Kang DS pun menyarankan kepada masyarakat sebelum meninggalkan tempat, melakukan komunikasi dengan Ketua RT dan RW setempat.

"Saya juga mengintruksikan kepada Pak RT ada pengaman lingkungan. Tentunya, jangan sampai kecolongan ketika ada kejadian yang tidak diharapkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x