Dishub Kota Bandung Terapkan Strategi ini Guna Jamin Mudik Lebaran 2024 Aman dan Lancar

- 29 Maret 2024, 07:20 WIB
Kegiatan ramp check di Terminal Bus Cicaheum Kota Bandung Rabu, 28 Maret 2024.
Kegiatan ramp check di Terminal Bus Cicaheum Kota Bandung Rabu, 28 Maret 2024. /Dishub Kota Bandung/

BANDUNG, PRFMNEWS – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan para pemudik jelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi dengan melakukan berbagai strategi persiapan. Hal ini dijelaskan Plt Kepala Dishub Kota Bandung Asep Kuswara.

Asep Kuswara mengungkapkan untuk menjamin keamanan angkutan umum yang akan digunakan masyarakat untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran 2024, pihaknya bakal menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

Kegiatan ramp check di dua terminal di Kota Bandung yang akan dilakukan pada 3-18 April 2024 tersebut bertujuan memastikan angkutan umum termasuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) dalam kondisi laik jalan dan laik operasional.

Pada tahap awal inspeksi keselamatan, Asep memastikan sejauh ini kendaraan Angkutan Lebaran 2024 di Kota Bandung memenuhi dua aspek kelaikan tersebut.

Baca Juga: Dishub Kota Bandung Mulai Lakukan Ramp Check di Pool Bus Pariwisata dan Bus Umum

Ia pun memastikan proses ini akan terus berjalan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik. Selain itu pengawasan juga akan diperketat di Pool Bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024.

"Kendaraan angkutan Lebaran harus memenuhi aspek laik jalan dan laik operasional. Laik jalan artinya kendaraan tersebut layak untuk membawa penumpang. Laik operasi artinya surat-surat dan aspek administrasi kendaraan tersebut juga layak untuk membawa penumpang," ujarnya, Kamis 28 Maret 2024.

Asep pun menggarisbawahi bahwa ada empat faktor yang dapat menimbulkan kecelakaan menonjol pada perjalanan masa mudik dan balik Lebaran, antara lain aspek kendaraan, pengemudi, jalan, serta cuaca.

"Jangan sampai terjadi kecelakaan menonjol. Sekecil apapun ada faktor ketidaklaikan jalan maupun operasional (kendaraan), itu tidak akan kami loloskan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x