BBPOM Bandung Awasi Ketat Peredaran Parsel Jelang Lebaran

- 23 Maret 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi Parsel Lebaran
Ilustrasi Parsel Lebaran //Portal Nganjuk.pikiran-rakyat.com

BANDUNG, PRFMNEWS - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Bandung melakukan pengawasan ketat terhadap peredaran parsel menjelang Lebaran tahun 2024 ini.

Ketua Tim Pemeriksaan Obat dan Makanan BBPOM Bandung, Leni Maryati menjelaskan, pengawasan dilakukan di tempat penjualan maupun distributor parsel menjelang Lebaran.

Leni menyatakan, pengawasan parsel telah dilakukan pihaknya sepanjang bulan Ramadhan, dengan ditemukannya belasan pelanggaran di beberapa titik Jawa Barat.

"Jadi unit pelaksana teknis di Jabar itu ada tiga unit, salah satunya Balai Besar POM di Bandung, jadi kami melakukan pengawasan tidak hanya di Bandung. Kami sudah mengawasi 45 sarana pangan, 12 sarana di antaranya tidak memenuhi ketentuan seperti tanpa izin edar atau sarana tidak memadai seperti gudang kotor,” paparnya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Ditambahkan Leni, dengan adanya temuan pelanggaran tersebut, BPOM telah melakukan peringatan terhadap 12 distributor untuk memperbaiki kualitas maupun tidak mengedarkan produk yang dilarang beredar, apalagi mengandung zat berbahaya dan kedaluwarsa.

“Sebetulnya tren pelanggaran bulan ini menurun, karena jumlah pemeriksaan kami naik. Sanksinya kami beri dulu peringatan, jadi dilakukan bertahap," ujarnya.

Pengawasan skala distributor penting dilakukan di bulan Ramadhan, sebab pengawasan seringkali lemah dengan banyaknya stok pangan.

Pengawasan harus dilakukan bersamaan dengan komitmen pelaku usaha. Sebab tidak jarang, kasus keracunan terjadi karena kelalaian pedagang usai BBPOM sudah melakukan uji sampling dan uji proses.

Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk jeli dan berhati-hati memilih parsel yang akan dibeli dengan melihat kondisi, izin barang dan batas waktu barang yang terdapat dalam parsel tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x