Rusak 534 Bangunan di Bandung-Sumedang, Simak 7 Tips Cegah Dampak Puting Beliung Makin Parah dari BMKG

- 22 Februari 2024, 21:00 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat cek daerah terdampak angin puting beliung Rabu, 21 Februari 2024.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat cek daerah terdampak angin puting beliung Rabu, 21 Februari 2024. /Laily/Setpres RI

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berbagi tips langkah-langkah antisipasi saat angin puting beliung terjadi melanda suatu wilayah akibat kondisi cuaca ekstrem, seperti yang terjadi di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar) pada Rabu 21 Februari 2024 sore.

Akibat angin puting beliung itu, BPBD Jabar mencatat 534 bangunan di lima kecamatan pada Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang mengalami kerusakan. Data tersebut didapatkan tim BPBD Jabar dari hasil pendataan ke lokasi terdampak fenomena cuaca ekstrem tersebut hingga Kamis, 21 Februari 2024 pukul 16.00 WIB.

“Untuk wilayah terdampak di Kabupaten Sumedang itu ada di kecamatan Jatinangor dan Cimanggung sedangkan di Kabupaten Bandung ada Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi,” kata Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat Hadi di Kabupaten Bandung, Kamis 22 Februari 2024.

Baca Juga: Sesi I Berakhir Besok, Ini 3 Lokasi Operasi Pasar Beras Murah di Kota Bandung Jumat 23 Februari

BMKG menyampaikan dampak buruk akibat angin puting beliung bukan hanya kerusakan bangunan termasuk rumah khususnya pada bagian atap yang beterbangan, namun tak jarang juga dapat merenggut korban jiwa dan pohon yang tinggi, rimbun, dan rapuh akan tumbang.

Maka dari itu BMKG memperingatkan masyarakat agar waspada terkait kondisi cuaca ekstrem yang masih berpotensi melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jabar pada periode 22-25 Februari 2024. Hal ini diutarakan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto,

“Dalam beberapa hari terakhir, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Jawa Barat yang menyebutkan bahwa potensi cuaca ekstrem termasuk hujan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Sumedang dan Bandung. Informasi tersebut diperkuat juga dengan dikeluarkannya berita peringatan dini cuaca ekstrem untuk periode 1 sampai 6 jam-an pada tanggal 21 Februari 2024 mulai pukul 11.30 WIB hingga pukul 16.40 WIB sebanyak 4 kali pada hari terjadinya fenomena cuaca ekstrem puting beliung di Jatinangor dan Rancaekek,” kata Guswanto dalam keterangan resminya, Kamis 22 Februari 2024.

Baca Juga: Bojan Hodak Yakin Persib Bandung Bisa Curi Kemenangan dari Barito Putera

Guswanto memaparkan BMKG memonitor bahwa terdapat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau masih cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan yang disertai kilat/angin kencang di wilayah Indonesia antara lain:

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x