Jadi Kebutuhan, Pemkot Optimis BPBD Kota Bandung Bisa Segera Terbentuk Berkat Berbagai Faktor Pendukung

- 20 Februari 2024, 10:00 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menargetkan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandung paling lambat dapat terbentuk Tahun 2025.
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menargetkan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandung paling lambat dapat terbentuk Tahun 2025. /istimewa/

BRAGA, PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono optimistis pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandung dapat terlaksana paling lambat tahun 2025 mendatang.

Bambang Tirtoyuliono menyebut memang ada tahapan yang harus dilalui dalam pembentukan BPBD Kota Bandung. Namun ia mendorong agar pembentukan BPBD ini harus segera terealisasi karena menjadi kebutuhan daerah.

"Kita harus punya semangat yang sama berdasarkan kepada kebutuhan daerah, kebutuhan kota, kita perlu membentuk badan penanggulangan bencana. Lembaga ini sangat dibutuhkan oleh kita, sehingga pada akhirnya kita semua bisa fokus bekerja," ungkap dia di Kantor Diskar PB Kota Bandung, Senin 19 Februari 2024.

Baca Juga: PJ Wali Kota Beberkan Update Terbaru Soal Wacana Pembentukan BPBD Kota Bandung

Menurut Bambang, kehadiran BPBD merupakan hal yang penting agar kesiapsiagaan dalam penanganan bencana di Kota Bandung bisa lebih efektif dilakukan. Keoptimisan Bambang bahwa BPBD ini dapat segera dibentuk mengingat telah mendapat dukungan dari DPRD dan lainnya.

"Dari sisi regulasi sudah cukup, dukungan politik dari legislatif juga sudah cukup. Tinggal kita maju ke depan kita harus punya cita-cita dan kita harus punya target tahun 2025 paling lambat BPBD harus dibentuk karena ini adalah sebuah kebutuhan. Mohon dukungan juga nih dari teman-teman semua," tuturnya.

Bambang menambahkan, saat ini sudah dibentuk Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) yang diketuai Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana. Ia menyebut ini merupakan cikal bakal dibentuknya BPBD Kota Bandung.

Baca Juga: Kota Bandung Harus Punya BPBD untuk Hadapi Ancaman Bencana

Dorongan DPRD Kota Bandung

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan pada Januari 2024 lalu turut mendorong agar BPBD Kota Bandung segera dibentuk. Saat itu menurutnya Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin telah menetapkan status siaga darurat bencana menyusul cuaca ekstrem sejak akhir tahun 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x