KNKT Ungkap Alasan PPKA Haurpugur Tidak Angkat Telepon PPKA Cicalengka Sebelum Tabrakan 2 KA Terjadi

- 17 Februari 2024, 15:30 WIB
Proses Evakuasi korban tabrakan Kereta Api Turangga vs KA Commuter Line di Cicalengka Bandung Jumat, 5 Januari 2024.
Proses Evakuasi korban tabrakan Kereta Api Turangga vs KA Commuter Line di Cicalengka Bandung Jumat, 5 Januari 2024. /Damkar Kabupaten Bandung

PRFMNEWS - Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap detik-detik sebelum kecelakaan tabrakan Kereta Api (KA) 65A Turangga dan KA 350 Commuter Line (CL) atau KRD Lokal Bandung Raya di KM 181+700 petak jalan Stasiun Cicalengka – Stasiun Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat 5 Januari 2024 lalu.

Dari hasil investigasi KNKT diketahui petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Cicalengka sempat menghubungi PPKA Stasiun Haurpugur sebelum KA Turangga melintas di Stasiun Cicalengka. Namun, kontak via telepon otomatis kereta api (TOKA) itu tidak diangkat oleh PPKA Stasiun Haurpugur.

Alasan kenapa PPKA Stasiun Haurpugur tidak mengangkat telepon TOKA dari PPKA Stasiun Cicalengka sebelum kecelakaan tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya terjadi dibeberkan Investigator Kecelakaan Perkeretaapian KNKT Gusnaedi Rachmanas dalam konferensi pers bertajuk, “Laporan Akhir Hasil Investigasi Kecelakaan Perkeretaapian” di Jakarta, Jumat 16 Februari 2024.

Baca Juga: Pengendara Motor Tertabrak Kereta Api di Ngamprah Pagi Tadi

Berdasarkan kronologis, Gusnaedi menjelaskan, Jumat pagi itu sebelum kecelakaan, PPKA Stasiun Cicalengka lebih dulu melayani KA 121 Malabar relasi Malang-Bandung melintas langsung di Jalur II Stasiun Cicalengka. Setelah itu, PPKA Cicalengka mengirimkan warta lepas (info bahwa KA sudah melintasi Stasiun Cicalengka) ke PPKA Haurpugur.

Pada pukul 05.41.57 WIB, PPKA Haurpugur melalui sistem blok persinyalan menerima informasi warta lepas KA Malabar dari PPKA Cicalengka. Selanjutnya, PPKA Haurpugur menelepon PPKA Cicalengka via telepon blok bertanya posisi KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung sudah sampai mana, dan memastikan persilangan dengan KA Lokal Bandung Raya di mana.

PPKA Cicalengka menjawab agar PPKA Haurpugur menunggu sebentar karena dia akan bertanya dulu ke petugas Pengendali Perjalanan Kereta Api Terpusat (PPKP) terkait lokasi persilangan KA Turangga dan CL Bandung Raya di stasiun mana. Dari jawaban PPKP yang diterima PPKA Cicalengka via telepon TOKA diketahui persilangan dua KA tersebut normal seperti biasanya yakni akan berlangsung di Stasiun Haurpugur.

Baca Juga: Hasil Investigasi KNKT, Ini Penyebab dan Kronologi Tabrakan KA Turangga-Lokal Bandung Raya di Cicalengka

Saat PPKA Cicalengka berusaha menghubungi PPKA Haurpugur menggunakan telepon TOKA sebanyak 3 kali untuk memberi tahu bahwa persilangan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya akan terjadi normal di Stasiun Haurpugur, PPKA Haurpugur tidak menjawab telepon tersebut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah