Rencana Pembangunan Jembatan Baru Akses ke Masjid Al Jabbar, Solusi Atasi Macet Gedebage

- 2 Februari 2024, 10:30 WIB
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung, Jumat 30 Desember 2022.
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung, Jumat 30 Desember 2022. /Diskominfo Kota Bandung

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Sejumlah solusi upaya dipersiapkan untuk mengatasi kemacetan di kawasan Gedebage, Kota Bandung, yang akhir-akhir ini semakin parah akibat semakin banyaknya pusat keramaian di area tersebut. Salah satunya adalah pembuatan jembatan permanen baru di atas aliran Sungai Cinambo Lama.

Rencana pembangunan jembatan baru yang akan terhubung Simpang Gedebage Selatan dan Simpang Sektor 5 Summarecon sebagai penunjang akses ke Masjid Raya Al Jabbar sebagai salah satu solusi kemacetan diungkap Camat Gedebage, Jaenudin. Dia menyebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan menjadikan jembatan ini permanen.

"Ini langkah kedua dari Pemkot Bandung. Sekarang dalam tahap pengerjaan. Ada Sungai Cinambo Lama sudah dibuatkan jembatan yang akan ditingkatkan menjadi jembatan permanen oleh Pemprov Jabar," jelasnya, Kamis 1 Februari 2024.

Baca Juga: Gedebage Diprediksi Macet Minggu Besok, Dishub Kota Bandung Siapkan Skenario Pengaturan Lalin untuk Urai Macet

Jaenudin menambahkan, jika jembatan tersebut diaktivasi suatu saat nanti, maka volume kendaraan yang masuk ke Jalan Gedebage Selatan bisa diarahkan ke arah jembatan untuk menuju ke Masjid Raya Al Jabbar.

"Nanti tembusnya bisa ke Masjid Al Jabbar belakang," sebut dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Simpang Sektor 5 Gedebage sebagai solusi tambahan mengurai kemacetan akan menyambungkan Jalan Gedebage Selatan, Masjid Raya Al Jabbar, hingga Kawasan Summarecon. Pembangunan akses jalan tersebut saat ini tengah disiapkan oleh PT Summarecon Agung Tbk.

Ema menyebut lokasi pembangunan Simpang Sektor 5 Gedebage akan melintasi sungai sehingga nantinya juga dibangun jembatan bailey. Untuk mendukung percepatan pembangunan akses jalan tersebut, ia mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum agar segera mengeluarkan surat izin.

Baca Juga: Tembus Pasar Ekspor, Penjual Sepatu Asal Bogor Diberi Penghargaan dari Shopee Super Awards 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x