PVMBG: Gempa Sumedang Diperkirakan Akibat Sesar Cileunyi-Tanjungsari

- 31 Desember 2023, 23:15 WIB
Sesar Cileunyi Tanjungsari yang terbagi menjadi segmen barat dan timur (garis merah).
Sesar Cileunyi Tanjungsari yang terbagi menjadi segmen barat dan timur (garis merah). /Sumber: Peta Geologi Lembar Bandung, Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung (P.H./

 

PRFMNEWS - PVMBG Badan Geologi menyebut, gempa Sumedang yang terjadi pada hari ini diakibatkan oleh aktivitas Sesar Cileunyi-Tanjungsari.

"Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman dari data BMKG, maka kejadian gempa bumi ini diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif yaitu Sesar Cileunyi – Tanjungsari," kata Kepala PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan dalam keterangan resminya, Minggu, 31 Desember 2023.

Menurut data Badan Geologi, lanjut Hendra, Sesar Cileunyi – Tanjungsari merupakan sesar mendatar mengiri, sebarannya mulai dari selatan Desa Tanjungsari menerus ke timur laut hingga lembah Sungai Cipeles, dan nilai laju geser berkisar antara 0,19 - 0,48 mm/tahun.

Baca Juga: Gempa M 4,8 Guncang Sumedang Lagi Malam Hari ini, Getaran Terasa Sampai Bandung hingga Jakarta

Gempa bumi yang mengguncang Sumedang setidaknya dirasakan cukup kuat sebanyak dua kali pada Minggu, 31 Desember 2023. Gempa pertama terjadi pukul 14:35:34 WIB dengan kekuatan 4.1 M.

Gempa kedua dirasakan pada pukul 20.34 WIB dengan kekuatan Magnitudo 4.8. Getaran gempa bumi ini terasa hingga wilayah Jabar lain termasuk, Bandung, Subang, Garut, Cianjur, Bogor, Depok, Cirebon, bahkan hingga ke Jakarta dan sekitarnya.

Namun demikian, Hendra mengungkapkan, kejadian gempa bumi ini diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya ikutan (collateral hazard) berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi," tegasnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x